Peran Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Usaha Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan )

Agustin, Ana (2021) Peran Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Usaha Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817024_Ana_Agustin_Perbankan_Syariah[2].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Agustin, Ana. 2021. Peran Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Usaha Nasabah, (Studi kasus Bank Syariah Indonesia Kcp Pacitan). Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci: Mudharabah, Segmentasi pasar, Pembiayaan.
Pembiayaan mudharabah merupakan akad bagi hasil ketika pemilik dana/modal (pemodal),shaibul mal (pemodal) adalah pihak yang memiliki modal, tetapi tidak bisa berbisnis adanya terjadi nasabah yang usahanya tidak berkembang karena kerugian proses normal dari usaha, dan bukan karena kelalaian atau kecurangan pengelola, kerugian ditanggung sepenuhnya oleh pemilik modal, sedangkan pengelola kehilangan tenaga dan keahlian yang telah dicurahkan. apabila terjadi kerugian karena kelalaian dan kecurangan pengelola, maka pengelola bertanggung jawab sepenuhnya.
Pada BSI KCP Pacitan akan semakin meningkat motivasi pada segmentasi pasar terhadap produk, harga, promosi dan tempat. Di karenakan ketatnya pesaingannya BSI harus meningkatkan mutu pelayanan, hal ini merupakan tantangan yang di hadapi BSI saat ini dalam meghadapi persaingan tersebut. Pada perkembangan kebutuhan pelayanan masyarakat nasabah sebagai utama jasa pelayanan BSI sebagai pengunaan segmentasi pemasaran pada peran pembiayaan mudharabah.
Peneliti ini menggunakan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti sebagai narasumber secara langsung di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan untuk melakukan wawancara langsung kepada pihak bank sehingga dapat menghasilkan data-data yang peneliti inginkan baik berupa lisan maupun tulisan. Sebab jaringan pasarnya rendah, belum jelasnya segmentasi pasar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar pembiayaan murabahah yang dilaksanakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan dapat membantu siklus usaha nasabah tetap berjalan, dan juga pengembangan usaha nasabah serta membantu meningkatkan omzet penjualan. Meningkatnya omzet penjualan dibuktikan dengan bertambahnya jumlah barang dagangan dan bertambah pula jumlah karyawan yang disebabkan karena jumlah pembelian meningkat.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar pada pembiayaan mudharabah yang dilaksanakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan dapat membatu siklus usaha nasabah tetap berjalan, serta membantu meningkatkan omzet penjualan dan meningkatkan omzet yang dibuktikan dengan bertambahnya jumlah barang dagangan dan bertambah pula jumlah karyawan yang disebabkan karena jumlah pembelian meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:22
Last Modified: 18 May 2021 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

View Item View Item