Analisis Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Melalui Program Kampung Ternak Dompet Dhuafa Madiun.

Anwar, Choirul (2021) Analisis Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Melalui Program Kampung Ternak Dompet Dhuafa Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses choirul anwar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anwar, Choirul. Analisis Zakat Produktif dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Melalui Program Kampung Ternak Dompet Dhuafa Madiun. Skripsi. 2021. Jusrusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Muchtim Humaidi, M.IRKH.
Kata Kunci : Zakat Produktif, Pemberdayaan Ekonomi, Mustahik

Kemiskinan merupakan salah satu penyebab munculnya permasalahan perekonomian masyarakat. Salah satu cara menanggulangi kemiskinan adalah dukungan dana zakat kepada mereka yang kekurangan, diantaranya adalah berupa zakat produktif. Salah satu lembaga yang menerapkan pendayagunaan zakat secara produktif adalah Dompet Dhuafa Madiun yaitu zakat produktif kampung ternak. Dalam teori zakat produktif yang berhak menerima zakat adalah orang yang masuk dalam 8 ashnaf, namun kriteria Mustahik di Dompet Dhuafa Madiun cukup sederhana; orang kurang mampu, pernah berternak dan orang yang beriman, sedangkan selanjutnya mengenai pengelolaan zakat produktif kampung ternak dijalankan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pengawasan hingga sampai tahap penjualan, kampung ternak Dompet Dhuafa Madiun telah berjalan selama 2-3 periode yang mana mustahik nya tetap, sedangkan pada teori, zakat produktif yang berhasil adalah yang dapat merubah mustahik menjadi muzzaki.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis zakat produktif terhadap pemilihan mustahik kampung ternak dalam pemberdayaan ekonomi mustahik Dompet Dhuafa Madiun dan bagaimana analisis zakat produktif terhadap pengelolaan kampung ternak dalam pemberdayaan ekonomi mustahik Dompet Dhuafa Madiun.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penentuan mustahik zakat produktif kampung ternak Dompet Dhuafa Madiun belum sepenuhnya sesuai dengan teori zakat produktif yaitu 8 golongan yang berhak menerima zakat. Karena penentuan kriteria mustahik Dompet Dhuafa Madiun kurang spesifik dan kurang jelas, dan pada proses penentuan calon mustahik juga kurang selektif. Sedangkan Dompet Dhuafa Madiun secara keseluruhan telah menerapkan pengelolaan zakat produktif kampung ternak dengan baik, tetapi ada yang kurang maksimal pada aspek pengawasan, kemandirian mustahik, dan mustahik yang tetap selama 2 periode. Meskipun belum sampai pada tataran merubah status mustahik untuk menjadi muzakki, hal ini tidak mengurangi keberhasilan Dompet Dhuafa Madiun dalam meningkatkan penghasilan dan pemberdayaan ekonomi Mustahik kampung ternak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2021 01:21
Last Modified: 18 May 2021 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item View Item