Analisis Pengelolaan Wisata Alam Puncak Kuik Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo

Ningsih, Dewi Rahayu (2021) Analisis Pengelolaan Wisata Alam Puncak Kuik Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dewi Rahayu Ningsih.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ningsih, Dewi Rahayu. Analisis Pengelolaan Wisata Alam Puncak Kuik Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Said Abadi. Lc., M.A

Kata Kunci : Pengelolaan, Pariwisata, Kendala, Dampak

Pengelolaan pada suatu objek wisata sangat penting untuk dilakukan karena merupakan suatu tahapan perubahan menuju keadaan atau kondisi yang diterapkan. Tanpa adanya pengelolaan dalam objek wisata maka tidak akan ada perkembangan dan perubahan yang terjadi. Dengan adanya pengelolaan objek wisata yang baik, maka sektor pariwisata mampu menciptakan lapangan kerja serta usaha dan dapat menjadi penggerak perekonomian bagi daerah maupun negara. Wisata alam Puncak Kuik adalah salah satu objek wisata rintisan yang ada di Ponorogo. Wisata ini memiliki potensi untuk berkembang, namun pengelolaan yang dilakukan kurang optimal serta terdapat banyak kendala, sehingga mempengaruhi pembangunan dan pengembangan objek wisata tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, data dikumpulkan melalui wawancara secara terstruktur dan tidak terstruktur, selain itu metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisa pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis pengelolaan yang diterapkan di wisata alam Puncak Kuik serta dampak yang diakibatkan dari pengelolaan yang dilakukan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pengelolaan yang dilakukan belum optimal sehingga berpengaruh pada pengembangan lokasi wisata yang berjalan lambat. 2) Terdapat kendala yang menghambat proses pengelolaan wisata alam Puncak Kuik misalnya belum ada perizinan secara tertulis dalam membangun objek wisata, akses transportasi yang sulit dijangkau dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pariwisata. 3) Dampak yang diakibatkan dari adanya kegiatan pariwisata di Puncak Kuik belum maksimal sebagaimana pariwisata seharusnya, sehingga tidak semua masyarakat dapat merasakan dampak positif dari kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 07:17
Last Modified: 17 May 2021 07:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item