(SCAN LEMBAR PENGESAHAN ASLI, UPLOAD ULANG)...Kitab Taisirul Khallaq Fii Ilmi Karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi Dengan Kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai Karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari Terjemah Achmad Sunarto (Studi Komparasi Konsep Pendidikan Akhlaq)

Muna, Khusniatul (2021) (SCAN LEMBAR PENGESAHAN ASLI, UPLOAD ULANG)...Kitab Taisirul Khallaq Fii Ilmi Karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi Dengan Kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai Karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari Terjemah Achmad Sunarto (Studi Komparasi Konsep Pendidikan Akhlaq). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210616069_KHUSNIATUL MUNA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlaq merupakan bagian dari ajaran pendidikan Islam. Yang mana tujuannya untuk menyempurnakan pembentukan akhlak yang mulia. Oleh karena demikian, pentingnya pendidikan akhlaq di dalam pendidikan sangat penting bahkan pendidikan akhlaq sendiri menjadi bagian yang terpenting dalam pendidikan Islam. Seperti yang kita ketahui saat ini, pergaulan anak saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, karena sudah sangat banyak hal buruk dilakukan oleh orang-orang dan bahkan tanpa kita sadari. Hal ini menjadikan keprihatinan kita. Sebab, kondisi tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan anak hingga menjadi dewasa kelak. Apabila tidak ada cara untuk membentengi diri anak dari segala terjangan hal-hal buruk, maka anak dipastikan terpengaruh perilaku yang buruk. Kitab Taisirul Khallaq Fii Ilmi ialah salah satu kitab karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi di mana didalamnya menerangkan tentang beberapa konsep pendidikan akhlaq dasar. Sedangkan kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai ialah kitab yang berisi tentang nasihat-nasehat pentingnya pendidikan akhlaq sejak usia dasar yang kemudian dapat menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep pendidikan akhlaq dalam kitab Taisirul Khallaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi, (2) mengetahui konsep pendidikan akhlaq dalam kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari, dan (3) mengetahui persamaan dan perbedaan pendidikan akhlaq antara kitab Taisirul Khallaq dengan kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analisys). Langkah-langkah content analisys: (a) merumuskan tujuan analisis; (b) memilih unit analisis; (c) proses coding, dan (d) input data analisis.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) konsep pendidikan akhlaq dalam kitab Taisirul Khallaq Fii Ilmi meliputi 6 konsep yaitu akhlaq kepada Allah swt, akhlaq seorang guru dan murid, akhlaq terhadap diri sendiri, akhlaq terhadap orang lain, akhlaq terpuji dan akhlaq tercela; (2) konsep pendidikan akhlaq dalam kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai meliputi 5 konsep yaitu akhlaq kepada Allah swt dan Rasulullah saw, akhlaq kepada diri sendiri, akhlaq kepada orang lain, akhlaq terpuji dan akhlaq tercela; dan (3) pendidikan akhlaq antara kitab Taisirul Khallaq Fii Ilmi dan kitab Wasaya Al-Abai Lil Abnai memiliki banyak persamaannya dibandingkan dengan perbedaannya. Persamannya tersebut antara lain tentang konsep pendidikan akhlaq terhadap Allah swt dan Rasulullah saw, akhlaq terhadap diri sendiri, akhlaq terhadap orang lain, akhlaq terpuji dan akhlaq tercela. Adapun perbedaannya tentang adanya akhlaq seorang guru dan murid. Perbedaan di sini bukan berarti tentang perbedaan pendapat akan tetapi perbedaan banyak sedikitnya materi yang telah dijelaskan dan dipaparkan. Saling melengkapi dan saling memahamkan antara satu kitab dengan kitab yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 07:16
Last Modified: 17 May 2021 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13568

Actions (login required)

View Item View Item