Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fitur Terhadap Minat Penggunaan Berkelanjutan Mobile Banking BRIS Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo

Damayanti, Armia Rizky (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fitur Terhadap Minat Penggunaan Berkelanjutan Mobile Banking BRIS Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817181_Armia Rizky D.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Minat penggunaan berkelanjutan penting bagi bank dikarenakan
kelangsungan penggunaan jangka panjang dan kesuksesan suatu sistem bergantung
pada penggunaan kembali/berkelanjutan suatu sistem. Kecenderungan nasabah
untuk menggunakan kembali suatu teknologi disebabkan karena tingginya
kepuasan yang dimiliki nasabah, tingginya kualitas layanan yang dirasakan dan
tingginya kualitas produk yang digunakan nasabah. Fitur merupakan salah satu
dimensi kualitas produk. Namun hasil wawancara dengan nasabah mengatakan
bahwa kualitas layanan mobile banking BRIS masih kurang dan fitur yang ada
belum lengkap sehingga kualitas layanan dan fitur mobile banking BRIS belum
sesuai dengan yang diharapkan nasabah. Akan tetapi mereka mengaku bahwa tetap
puas dan berminat menggunakan mobile banking BRIS secara berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan fitur
terhadap minat penggunaan berkelanjutan mobile banking BRIS dengan kepuasan
sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua
variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
angket atau kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Ponorogo yang menggunakan mobile banking BRIS baik secara langsung maupun
secara online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan pengujian asumsi klasik, uji analisis regresi linier
sederhana, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas layanan tidak
berpengaruh terhadap minat penggunaan berkelanjutan mobile banking BRIS.
Secara parsial, fitur tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan berkelanjutan
mobile banking BRIS. Secara parsial, kualitas layanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile banking BRIS. Secara parsial,
fitur berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile
banking BRIS. Secara simultan, kualitas layanan, fitur dan kepuasan berpengaruh
signifikan terhadap minat penggunaan berkelanjutan mobile banking BRIS. Secara
simultan, kualitas layanan dan fitur berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah menggunakan mobile banking BRIS. Kepuasan tidak dapat memediasi
antara kualitas layanan dengan minat penggunaan berkelanjutan mobile banking
BRIS. Kepuasan dapat memediasi antara fitur dengan minat penggunaan
berkelanjutan mobile banking BRIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 07:12
Last Modified: 17 May 2021 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13563

Actions (login required)

View Item View Item