(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, SCAN FULL DOKUMEN LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Analisis SWOT Terhadap Studi Kelayakan Pengajuan Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan

Putri, Safira Indira (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, SCAN FULL DOKUMEN LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Analisis SWOT Terhadap Studi Kelayakan Pengajuan Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817023_Safira Indira Putri_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Safira Indira. 2021. Analisis SWOT Terhadap Studi Kelayakan Pengajuan Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah.
Kata Kunci: analisis SWOT, Account Officer.
Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan salah satu lembaga yang menggunakan analisis SWOT dan analisis 3C pada analisis kelayakan pengajuan pembiayaan calon nasabah. Dalam menganalisis calon nasabah, BSI KCP Pacitan memiliki keunikan tersendiri dalam strategi analisanya, yaitu menggunakan 3C (character, capital, dan condition) serta menggunakan analisis SWOT (strenght, weaknesses, opportunity dan threats). Perlu digali lebih dalam karena bank ini menerapkan analisis SWOTdan menggunakan 3C tetapi masih terjadi pembiayaan bermasalah. Serta bagaimana penerapan analisis SWOT yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis SWOT untuk menganalisa pengajuan pembiayaan calon nasabah yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan. Jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, sumber data yang didapatkan yaitu sumber data primer yang di dapatkan dari wawancara dengan pihak Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan melakukan editing, klasifikasi, dan interpretasi. Analisis data bersifat deduktif dan keabsahan data dengan uji kredibilitas triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan analisis SWOT dalam penentuan kelayakan pengajuan pembiayaan di Bank Syariah Mandiri KCP Pacitan sudah sesuai dengan teori, namun belum di terapkan secara teliti sehingga masih terdapat pembiayaan bermasalah. Pada strenght dan opportunity sudah diterapkan secara baik, sedangkan weaknesses dan threats belum diterapkan secara optimal sehingga perlu di kembangkan lagi kinerja bank dalam menganalisa calon nasabah untuk meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 07:11
Last Modified: 17 May 2021 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item View Item