Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Return On Equity dengan Non Performing Financing sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Studi Kasus Pada Triwulan I 2018 - Triwulan II 2020)

Sekarwangi, Noviana Diah Ayu (2021) Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Return On Equity dengan Non Performing Financing sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Studi Kasus Pada Triwulan I 2018 - Triwulan II 2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817091_Noviana Diah Ayu S_Perbankan Syariah .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekarwangi, Noviana Diah Ayu, 2021. Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Return On Equity dengan Non Performing Financing sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia ( Studi Kasus Pada Triwulan I 2018-Triwulan II 2020). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah S1, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Ika Susilawati, S. E., M. M.
Kata kunci: Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaaan Mudharabah, ROE dan NPF
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Return On Equity dengan Non Performing Financing sebagai Variabel Intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia ( Studi Kasus pada Triwulan I 2018-Triwulan II 2020). Metode penelitian yang digunakan penulis ialah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan dari Bank Umum Syariah ( Studi Kasus pada Triwulan I 2018-Triwulan II 2020) dengan variabel Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Mudharabah, ROE dan NPF. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis asosiatif yaitu dengan Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis regresi linier sederhana, analisis jalur, uji sobel dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi).
Hasil pengujian yang telah dilakukan menyatakan bahwa Pembiayaan Musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity Bank Umum Syariah. Hasil pengujian yang telah dilakukan menyatakan bahwa Pembiayaan Mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity Bank Umum Syariah. NPF dapat memediasi antara Pembiayaan Musyarakah dengan Return On Equity . Dibuktikan bahwa pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung Pembiayaan Musyarakah terhadap Return On Equity. Musyarakah terhadap Return On Equity melalui NPF dan pengaruh langsung Pembiayaan Musyarakah terhadap Return On Equity sama-sama signifikan. NPF dapat memediasi antara Pembiayaan Mudharabah dengan Return On Equity . Dibuktikan bahwa pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung Pembiayaan Mudharabah terhadap Return On Equity.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 07:07
Last Modified: 17 May 2021 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item View Item