Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Kolam Renang Tirtojoyo Ponorogo

Safrudin, Safrudin (2021) Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Kolam Renang Tirtojoyo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717104_Safrudin_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Safrudin. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Kolam Renang Tirtojoyo Ponorogo.Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.
Kata Kunci: Harga, Lokasi, Promosi, Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen untuk dipengaruhi berbagai faktor seperti harga, lokasi dan promosi. Beberapa fakta yang ada pada Kolam Renang Tirtojoyo Ponorogo menawarkan harga yang lebih tinggi dari pesaing. Sementara itu, lokasi kolam renang tersebut masuk ke dalam gang dan letaknya tidak di tepi jalan utama. Selain itu tidak adanya promosi di media sosial dan juga tidak adanya diskon atau voucher.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Cochran. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara insendental. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada 100 orang responden. Selain itu, analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, variabel lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, variabel harga, lokasi dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung ditunjukkan dengan hasil Fhitung > Ftabel sebesar 37,480>2,70. Hasil koefisien determinasi menunjukkan hasil variabel independen yaitu harga, lokasi dan promosi, mampu menjelaskan variabel dependen yaitu kepuasan konsumen sebesar 53,9% sedangkan 46,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 04:44
Last Modified: 17 May 2021 04:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item