(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...MICROBLOG PADA INSTAGRAM SEBAGI MEDIA INFORMASI PENGEMBANGAN DIRI (Analisis Isi pada Akun Instagram @satupersenofficial)

Khairina, Nur Afifah (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...MICROBLOG PADA INSTAGRAM SEBAGI MEDIA INFORMASI PENGEMBANGAN DIRI (Analisis Isi pada Akun Instagram @satupersenofficial). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRINA NUR AFIFAH- MICROBLOG PADA INSTAGRAM SEBAGI MEDIA INFORMASI PENGEMBANGAN DIRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afifah, Khairina Nur. 2021. Microblog pada Instagram sebagai Media Informasi Pengembangan Diri (Analisis Isi pada Akun @satupersenofficial) Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A
Kata Kunci: Desain Komunikai Visual, Media Sosial, Instagram, Pengembangan Diri, Analisis Isi

Perkembangan teknologi digital didukung pesatnya kemajuan internet membawa perubahan di bidang komunikasi. Komunikasi merupakan proses ketika informasi dan pesan dapat tersalurkan dari satu pihak (orang dan benda/media) ke pihak lain. Adanya dukungan internet melahirkan new media yaitu media sosial. Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat membagikan foto dan video. Sejak Instagram memiliki fitur carousel para pengguna dapat membuat konten microblog dengan mudah. Microblog sebagai media informasi dibuat dengan konsep yang menarik, singkat dan mudah dipahami. Microblog semakin populer di platform media sosial Instagram yang merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. PT. Satu Persen Edukasi memanfatkan microblog sebagai media informasi pengembangan diri untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia, setidaknya satu persen setiap hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tampilan microblog @satupersenofficial dan isi informasi bidang pengembangan diri dalam microblog @satupersenofficial berdasarkan teori analisis isi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah postingan microblog @satupersenofficial pada bulan Desember 2020. Selanjutnya penulis melakukan observasi dan dokumentasi pada microblog @satupersenofficial. Kemudian menganalisis tampilan microblog dan analisis isi informasi pengembangan diri pada microblog @satupersenofficial.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, tampilan microblog @satupersenofficial yang tidak menggunakan elemen desain komunikasi visual fotografi di dalamnya. Hanya menggunakan tipografi, simbolisme, ilustrasi, dan warna. Kedua, berdasarkan analisis isi selain memberi informasi edukasi terkait pengembangan diri, di dalam microblog juga terdapat informasi terkait promosi yang berisikan layanan yang dimiliki Satu Persen yaitu kelas online serta terdapat ajakan untuk mengikuti webinar dan konsultasi dengan mentor Satu Persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 04:39
Last Modified: 17 May 2021 04:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item