Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Pada Toko ABC Jenangan Ponorogo)

Dewi, Euis Puspita (2021) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Pada Toko ABC Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717125_Euis Puspita_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewi,Euis Puspita. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Pada Toko ABC Jenangan Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, S.A.B.,M.M.
Kata Kunci : Produk,Harga,Lokasi dan Promosi
Dalam teori pemasaran yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong, strategi pemasaran yang digunakan menggunakan 4P yaitu produk,harga,lokasi dan promosi. Persaingan usaha yang menjual produk dengan jenis yang sama semakin meningkat hal ini mengharuskan para pelaku usaha untuk terus meningkatkan strategi pemasaran demi mempertahankan dan meningkatkan posisinya tak terkecuali pemilik Toko ABC Jenangan Ponorogo. Toko ABC Jenangan Ponorogo memiliki omset tertinggi dibanding Toko Para Pesaing. Kegiatan pemasaran yang dilakukan Toko ABC Jenangan Ponorogo sudah maksimal akan tetapi omset perbulan mengalami penurunan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan Toko ABC Jenangan Ponorogo yaitu strategi produk yang diterapkan Toko ABC Jenangan Ponorogo dengan melengkapi produk yang dijual dengan menyesuaikan kebutuhan pembeli, menjaga persediaan barang, menjaga kualitas barang, menjaga timbangan yang sesuai ukuran dan melakukan kerja sama dengan Too Tbk. Sedangkan berdasarkan observasi strategi produk yang dilakukan dengan melakukan pengemasan produk eceran dan memberi label pada produk agar tidak tertukar. Strategi harga yang dilakukan yaitu dengan mengambil sedikit keuntungan, tidak memberikan potongan harga tetapi menerapkan sistem partai besar. Penerapan strategi lokasi dengan melihat kebutuhan pelanggan, peluang usaha, pesaing dan keramaian di sekitar lokasi usaha. Strategi Promosi dengan menginformasikan produk terbaru melalui sosial media WhatsApp dan Facebook, membangun komunikasi dengan para pelanggan, memasang banner, memberikan bingkisan kepada para pelanggan tetap setiap bulan Ramadhan dan berkontribusi dalam kegiatan bersama masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:55
Last Modified: 17 May 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13538

Actions (login required)

View Item View Item