Analisis Manajemen Sumber Daya Insani dalam Pengelolaan Karyawan di ESGE T-shirt and Screen Printing Ponorogo

Mayangsari, Reny (2021) Analisis Manajemen Sumber Daya Insani dalam Pengelolaan Karyawan di ESGE T-shirt and Screen Printing Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717129_Reny Mayangsari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mayangsari, Reny. Analisis Manajemen Sumber Daya Insani dalam Pengelolaan Karyawan di ESGE T-shirt and Screen Printing Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, M.E.

Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Insani, Rekrutmen, Pelatihan

Dalam usaha kecil menengah manajemen sumber daya insani sangat berpengaruh pada perusahaan yang dijalankan. Kendala yang sering terjadi di usaha kecil menengah mengenai sumber daya insani antara lain proses rekrutmen karyawan yang terkesan asal-asalan, tidak adanya pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan, sehingga banyak karyawan yang kurang berkualitas. Proses rekrutmen dan pengembangan yang tertata akan menghasilkan karyawan yang berkembang dan berkompeten.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis proses rekrutmen dan pelatihan sumber daya insani di di ESGE T-shirt and Screen Printing, rekrutmen sumber daya insani dengan metode internal dan eksternal di ESGE T-shirt and Screen Printing, serta menganalisis dampak rekrutmen sumber daya insani dengan metode internal dan eksternal di ESGE T-shirt and Screen Printing Ponorogo. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sumber rekrutmen di ESGE dilakukan dengan sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu pemilik mengajak saudara untuk menempati posisi kosong dalam perusahaan. Sumber eksternal yaitu mencari karyawan melalui rekomendasi dari karyawan lama, para pelamar perusahaan, dan lembaga pelatihan. Di ESGE menggunakan sumber internal karena perusahaan kesulitan mencari karyawan yang berkompeten di bidangnya, sehingga merekrut karyawan dari saudara dan masyarakat sekitar. Di ESGE menggunakan sumber eksternal dengan mencari calon karyawan di lembaga pelatihan. Dampak rekrutmen dengan metode internal yaitu karyawan belum memahami dengan baik tugasnya, sehingga harus dilatih dan dibimbing oleh karyawan lama dan pemilik perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 03:01
Last Modified: 17 May 2021 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item