Analisis Perilaku Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam Membeli Produk Online Shop (Perilaku Konsumsi Islami)

Khoiriyah, Riza Rosyida (2021) Analisis Perilaku Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo dalam Membeli Produk Online Shop (Perilaku Konsumsi Islami). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717022_Riza Rosyida Khoiriyah_ES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriyah, Riza Rosyida, 2021. Analisis Perilaku Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Dalam Membeli Produk Online Shop (Perilaku Konsumsi Islami), Jurusan Ekonomi Syariah. Pembimbing, Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, ekonomi Islam.
Perilaku konsumen muslim merupakan suatu aktivitas manusia yang berkaitan dengan aktivitas membeli dan menggunakan produk barang dan jasa, dengan memperhatikan kaidah ajaran Islam, dan berguna bagi kemaslahatan umat. Konsumsi dalam ekonomi Islam adalah memenuhi kebutuhan baik jasmani maupun rohani sehingga mampu memaksimalkan fungsi kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT untuk mendapatkan kesejahteraan atau kebahagiaan di dunia dan akhirat (falah). Dari data awal yang peneliti peroleh, konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa kurang sesuai dengan syariat konsumsi dalam Islam yaitu tentang kesederhanaan, mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo yang semuanya beragama Islam sangat taat dan mematuhi akan ajaran Islam, tetapi dari segi membeli barang di online shop, mahasiswa sering kali tidak memperhatikan aturan konsumsi yang sesuai dengan ajaran Islam.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Secara garis besar perilaku konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo tidak sesuai dengan syariat konsumsi Islam seperti membelanjakan harta untuk kebaikan dan menjauhi sifat kikir, tidak melakukan kemubadziran, dan kesederhanaan. Faktor-Faktor yang mendorong perilaku mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo membeli produk di online shop antara lain adalah kemudahan, harga yang murah, banyak pilihan, dan efektifitas. Dampak dari membeli produk online shop antara lain, kecemburuan sosial antar masyarakat, membuat keuangan semakin menipis, mempersempit keinginan untuk menabung sehingga orang tidak berfikir akan masa depan memikirkan masa yang akan datang, membuat orang hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak melihat kehidupan orang lain karena sibuk memikirkan keinginanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 03:06
Last Modified: 17 May 2021 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item View Item