PELAKSANAAN TAKE OVER PEMBIAYAAN NASABAH PENSIUNAN OLEH BANK SYARIAH MANDIRI KC TULUNGAGUNG

Julia, Ani Tamara (2021) PELAKSANAAN TAKE OVER PEMBIAYAAN NASABAH PENSIUNAN OLEH BANK SYARIAH MANDIRI KC TULUNGAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANI TAMARA JULIA_210817032 E-THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Julia, Ani Tamara, Pelaksanaan Take Over Pembiayaan Nasabah Pensiunan oleh Bank Syariah Mandiri KC Tulungagung. Skripsi Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Muchtim Humaidi, M. IRKH.

Kata Kunci : take over, faktor, pelaksanaan, nasabah pensiunan
Take Over secara sederhana berarti pemindahan hutang nasabah dari bank atau lembaga keuangan konvensional ke bank atau lembaga keuangan syariah. Tujuan dari take over ini adalah menarik nasabah yang memiliki track record yang baik dengan menawarkan berbagai kelebihan dari sebuah bank seperti fasilitas dan pelayanan yang lebih baik serta lebih menguntungkan nasabah. Selain itu strategi ini juga digunakan untuk memperbesar market share. Dalam pelaksanaan take over pembiayaan pensiun ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor dan kendala yang di alami nasabah pensiunan serta terdapat dampak dari take over pembiayaan pensiun. Alasan penulis melakukan penelitian ini karena pada kondisi pandemi paruh tahun 2020 ini outstanding pembiayaan pensiun mencapai 6 Milliar dari bulan januari hingga bulan agustus 2020. Dimana nasabah tesebut berasal dari berbagai macam bank seperti bank Jatim, BTPN, BRI Konvensional, Bukopin, BNI.
Dalam menyusun skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode (field research). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data menggunakan metode penarikan kesimpulan pada penelitian ini menggunakan metode induktif, kemudian dianalisis menggunakan teori dan ditarik kesimpulan yang bersifat umum atau general.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang melatarbelaknagi nasabah pensiunan dalam pelaksanaan take over pembiayaan ke Bank Syariah Mandiri adalah faktor kebutuhan dana, faktor margin lebih ringan, faktor plafon lebih tinggi, faktor pelayanan ramah dan cepat, dan faktor proses yang dipermudah. Dalam prosedur pelaksanaan akad sudah sesuai dengan fatwa DSNMUI/VI/2002 tentang pengalihan hutang yaitu qardh dan murabahah,syirkah al-milk dan murabahah, qardh dan ijarah, dan qardh dan ijarah muntahiyah bittamlik. Ada beberapa kendala yang yang sering dialami oleh nasabah pensiunan saat proses take over adalah proses dipersulit dan membutuhan waktu yang lama yang bisa membuat nasabah ragu untuk melakukan take over. Hal-hal tersebut dapat di selesaikan dengan beberapa cara supaya proses take over bisa terbuka dan berjalan lancar tanpa ada kendala. Strategi take over pada pembiayaan pensiun ini sangat berdampak baik pada Bank Syariah Mandiri KC Tulungagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:35
Last Modified: 18 May 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item