Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Personal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo)

Koiriyah, Mif Takhul (2021) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Personal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717030_MIF TAKHUL KOIRIYAH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Koiriyah, Mif Takhul. 2021. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Personal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.
Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Personal, Minat Berwirausaha
Pendidikan kewirausahaan dan personal memiliki peranan penting untuk meningkatkan minat berwirausaha pada mahasiswa, kesenjangan yang terjadi pada mahasiswa Ekonomi Syariah, minat berwirausaha masih terbilang kurang walaupun telah mempelajari pendidikan kewirausahaan dalam mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendidikan kewirausahan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. 2) pengaruh personal terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. 3) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan personal terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer. Pengambilan sampel menggunakan teknik sumple random sampling yang berjumlah 100 mahasiswa. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden. Pengumpulan data pendidikan kewirausahaan, personal dan minat berwirausaha menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validiras dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan hipotesis. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) secara parsial variabel pendidikan kewirausahakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, yang ditunjukkan dengan signifikan 0,000 di bawah α (0,05) dan nilai t hitung > t tabel yaitu (3,003 > 1,995) (2) Secara parsial variabel personal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,037 di bawah α (0,05) dan nilai t hitung > t tabel (2,119 > 1,995). (3) Secara simultan variabel pendidikan kewirausahaan dan personal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, yang ditunjukkan dengan nilai F maka Fhitung> Ftabel (95,638 > 3,090) dengan signifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Angraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:12
Last Modified: 17 May 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item View Item