Analisis Eksternalitas Peternakan Ayam Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Pada Peternakan Ayam Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun).

Nur Laili, Alfi (2021) Analisis Eksternalitas Peternakan Ayam Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Pada Peternakan Ayam Desa Kradinan Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
alfi (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan yang ada di sekitar usaha peternakan ayam di desa Kradinan, Dolopo, Madiun. Eksternalitas yang timbul oleh adanya usaha peternakan ayam ini berkaitan dengan kelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi di sekitar usaha. Keberadaan kotoran ayam disekitar kandang dapat menimbulkan tercemarnya udara. Dengan demikian pelaku usaha harus memperhatikan dampak apa saja yang terjadi akibat pendirian usaha peteranakan ayam tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian field research yang dilaksanakan pada salah satu peternakan ayam di desa Kradinan, Dolopo, Madiun. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang eksternalitas mitra usaha peternakan ayam terhadap lingkungan dan pendapatan masyarakat sekitar usaha. Sumber data yang dari penelitian ini merupakan sumber data primer yang diperoleh dari pemilik usaha, karyawan dan masyarakat sekitar usaha. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi terhadap usaha peternakan ayam. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Analisis data diperoleh secara deskriptif untuk kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ekternalitas positif dan negatif dari adanya peternakan ayam di desa Kradinan, Dolopo, Madiun. Eksternalitas positif daru usaha peternakan ayam yaitu peningkatan pendapatan masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari keberadaan usaha peternakan ayam adalah pencemaran udara dan lingkungan serta tidak adanya ijin usaha yang dimiliki yang mengakibatkan ketidaknyamanan antara pemilik usaha dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Aziz
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:11
Last Modified: 17 May 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item