(UPLOAD ULANG FORMAT PDF, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA)...Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Pada Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan

Ramasari, Amelia (2021) (UPLOAD ULANG FORMAT PDF, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA)...Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Pada Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ethesis Amelia R.docx

Download (1MB)

Abstract

Ramasari, Amelia.Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Pada Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Mansur Azis, Lc., M.S.I.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Strategi pemasaran dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Pertama kekuatan (strenght) dan kelemahan (weaknesses) merupakan aspek internal yang dimiliki oleh perusahaan. Kedua faktor eksternal dapat mempengaruhi terbentuknya peluang (opportunity) dan ancaman (threats) dimana faktor ini bersangkutan dengan kondisi-kondisi yang terjadi diluar perusahaan. Menurut teori, analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strenght), dan peluang (opportunity), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats).
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan melalui analisis SWOT. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah. Pertama, bagaimana strategi pemasaran pada Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan. Kedua, bagaimana analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat pada Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Untuk menganalisis data dengan menggunakan matriks SWOT. Lokasi penelitian di Jalan KH. Agus Salim No. 19 RT 05/RW 11, Lingkungan Teleng, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur.
Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan untuk segi product, price, process dan people Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan sudah melakukan strategi tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Untuk segi place dan promotion, Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan sudah melakukan strategi tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Tetapi segi phisycal eviden, Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan masih kurang tepat. Strategi yang dapat digunakan Usaha Oleh-Oleh Tahu Tuna Pak Ran Pacitan berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan memanfaatkan dukungan dari Dinas Perikanan untuk lebih luas memasuki dan selalu membaca pangsa pasar setiap waktu, mengutamakan kepuasan konsumen dengan kualitas produk, memperbanyak produk olahan tuna dan harga terjangkau supaya menarik minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:05
Last Modified: 17 May 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item View Item