Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Gribel Mentari Ceria Ahe unit Klitik

Nisa', Choirun (2021) Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Gribel Mentari Ceria Ahe unit Klitik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WM .pdf

Download (998kB) | Preview

Abstract

Nisa, Choirun. Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Gribel Mentari ceria Ahe unit Klitik. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Mansur Aziz, M.S.I.
Kata Kunci: Strategi, loyalitas
Loyalitas merupakan komitmen dari seorang pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang diukur dengan pembelian ulang. Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama sebuah perusahaan, untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana strategi mempertahankan loyalitas pelanggan pada Gribel Mentari Ceria Ahe unit Klitik?, Apa faktor pendukung dan penghambat pada Gribel Mentari Ceria Ahe unit Klitik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena fenomena yang ada di lapangan mengenai strategi mempertahankan loyalitas pelanggan. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi mempertahankan loyalitas pelanggan pada Gribel Mentari Ceria Ahe bisa dikatakan sudah baik, karena sesuai dengan teori strategi membangun loyalitas pelanggan. Namun pada kenyataannya, dengan strategi yang sudah bagus belum dapat mempertahan loyalitas pelanggan. Disimpulkan bahwa faktor pendukungnya belum sepenuhnya mempertahankan loyalitas pelanggan. Sedangkan faktor penghambat dari pihak eksternal yang lebih mendominasi terhadap tingkat loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:08
Last Modified: 17 May 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

View Item View Item