Pengaruh Promosi, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Minat Menjadi Anggota Koperasi Wanita Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Budi, Anisya Cahyaning Utami Setya (2021) Pengaruh Promosi, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Minat Menjadi Anggota Koperasi Wanita Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANISYA CAHYANING UTAMI S.B_210717130_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Budi, Anisya Cahyaning Utami Setya. Pengaruh Promosi, Pelayanan Dan Produk Terhadap Minat Menjadi Anggota Koperasi Wanita Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhtadin Amri, M.S. Ak.
Kata Kunci : Promosi, Pelayanan, Produk, Minat Anggota
Koperasi wanita merupakan kelompok yang anggotanya khusus wanita. Tujuan didirikannya koperasi wanita di Kecamatan Dolopo yaitu untuk menepis rentenir-rentenir yang ada di Kecamatan Dolopo untuk kebutuhan modal usaha dan pinjaman bagi wanita-wanita pelaku UMKM di Kecamatan Dolopo. Menurut hasil wawancara dengan salah satu pengurus koperasi wanita didirikannya koperasi wanita ini agar wanita-wanita di Kecamatan Dolopo tidak kesulitan ketika ingin mengambangkan usahanya. Dalam hal ini seringkali wanita yang ada di Kecamatan Dolopo kesusahan untuk mencari modal untuk pengembangan usahanya atau untuk sekedar meminjam untuk memenuhi kebutuhannya karena mereka merasa ketika meminjam modal atau pinjaman ke bank atau rentenir bunganya cukup besar, dari situlah tujuan didirikannya koperasi wanita di Kecamatan Dolopo ini sulit untuk diwujudkan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelayanan terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita 3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh produk terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita 4) Untuk menguji dan menganalisis secara simultan pengaruh promosi, pelayanan dan produk terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dan pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu kuesioner, dan wawancara, pouplasi dalam penelitian ini sebanyak 29.449 wanita, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 100 responden.
Berdasarkan hasil dari penelitan ini dapat dismpulkan bahwa secara parsial promosi tidak perpengaruh signifikan terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita sedangkan pelayanan, dan produk berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita. Berdasarakan uji F promosi, pelayanan, dan produk secrara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi anggota koperasi wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 02:02
Last Modified: 17 May 2021 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item