HERMENEUTIKA NEGOSIATIF DALAM MEMBACA AL-QUR'AN (STUDI KASUS FATWA MTA TENTANG KEBOLEHAN WANITA HAID MEMBACA AL-QUR'AN)

Nihayati, Dini Arifah (2021) HERMENEUTIKA NEGOSIATIF DALAM MEMBACA AL-QUR'AN (STUDI KASUS FATWA MTA TENTANG KEBOLEHAN WANITA HAID MEMBACA AL-QUR'AN). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
HERMENEUTIKA NEGOSIATIF DALAM MEMBACA AL-QUR'AN (STUDI KASUS FATWA MTA TENTANG KEBOLEHAN WANITA HAID MEMBACA AL-QUR'AN).pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatwa MTA tentang kebolehan wanita haid membaca Al-Qur’an dengan dasar QS. Al-Wāqi’ah:79 bertentangan dengan fatwa ulama terdahulu yang menggunakan dasar yang sama dan bertentangan dengan pemikiran mayoritas masyarakat. Dari permasalahan itu muncul anggapan bahwa MTA sebagai kelompok literalis telah menghasilkan fatwa liberal. Untuk itu, penulis meneliti dan mengkajinya lebih dalam kedalam sebuah tesis. Hermeneutika negosiatif digunakan sebagai pendekatan karena berimplikasi pada keseimbangan hubungan dialegtis unsur-unsur hermeneutika dan menjauhkan pembaca dari hasil penafsiran otoriter. Pokok permasalahan yang akan dikaji sebagai berikut: 1. Mengapa MTA sebagai lembaga keagamaan yang literalis menwarakan fatwa liberal dengan memperbolehkan wanita haidh membaca Al-Qur’an? 2. Bagaimana analisis hermeneutika negosiatif Abou El Fadl terhadap fatwa MTA tentang kebolehan wanita haidh membaca Al-Qur’an?
Penulis melakukan penelitian pustaka. Penulis mengumpulkan data menggunakan dokumen. Penulis menganalisa data secara induktif dengan mengorganisasikan dan mendeskripsikan data, kemudian melakukan sintesa menggunakan hermeneutika negosiatif dan membuat kesimpulan. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa MTA terjebak dalam takwil yang tidak sesuai dengan kaidah takwil dan melakukan kebebasan berfikir. Dalam kacamata hermeneutika negosiatif, fatwa MTA tergolog otoriter. Karena MTA masih medominasi unsur-unsur penafsiran, yang mengakibatkan pengabaian otoritas Tuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 01:59
Last Modified: 17 May 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13495

Actions (login required)

View Item View Item