(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina

Ratna Sari, Dewi (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316160 DEWI RATNA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ratna Sari, Dewi. 2020. Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam Menurut
Ibn Sina. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, S,Ag. M.Pd.I.

Kata kunci: Ibnu Sina, Kurikulum Pendidikan Islam.

Kurikulum merupakan alat dalam mecapai suatu tujuan pendidikan dan juga
merupakan pedoman dalam suatu pelaksanaan pengajaran dari semua jenis
maupun tingkat pendidikan. Kurikulum ini disusun untuk memudahkan
penyelenggaraan pendidikan, maka dari itu konteks kurikulum pendidikan Islam
ini selalu berbeda-beda menurut kondisi perkembangan umat Islam, didesain
supaya mampu menghasilkan muslim yang nantinya menjadi khalifah yang baik
dan bermanfaat. Kurikulum yang Islami seharusnya diproses dengan metode yang
mana disesuaikan dengan point-point yang terkandung dalam tujuan pendidikan
Islam itu sendiri. Dan juga cakupan didalamnya harus menyeluruh sehingga
mampu mencerminkan semangat, pemikir, maupun ajaran yang mampu
memperhatikan suatu pengembangan dan bimbinngan dari berbagai aspek
kepribadian siswanya, baik itu dari psikologisnya, bagaimana cara ia
bersosialisasi dengan lingkungannya, dan juga spiritualnya. Dan satu hal lagi
yaitu selalu disesuaikan dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep kurikulum
pemdidikan Islam menurut Ibn Sina. Metode yang digunakan peneliti yaitu
library research dengan menggunakan Pendekatan penelitian adalah pendekatan
historis dan filosifis, metode pengumpulan datanya adalah study dokumentasi
serta metode analisis data yaitu analisis isi. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis mendalam yang mana
hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk deskripsi.
Ibnu Sina merupakan seorang ilmuan, pujangga, dan juga filsuf Muslim yang
mana ia mampu membangun teori kenabian dengan risalahnya yang bernama
Itsbatal-Nubuwat. Ibnu Sina juga merupakan dokter Islam pertama yang
mempunyai kontribusi besar dalam bidang keilmuan Islam dan pengetahuan
khususnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan Islam. Pemikiran Ibnu Sina
mengenai pendidikannya ini dapat dilihat dari tujuan, kurikulum, metode
pembelajaran dan juga guru,yang disamping itu merupakan faktor dari
unsurterpenting dan mendominasi dalam dunia pendidikan. Maka dari itu,dalam pembelajaran guna untuk memajukan dunia pendidikan Islam di Indonesia
agar bisa menjadi lebih baik.
Hasil penelitian yang ditampilkan antara lain yaitu : Tujuan utama
pendidikan dalam pandangan Ibnu Sina adalah tercapainya insan kamil melalui
pembinaan akhlak serta pembekalan kompetensi yang dibutuhkan
masyarakat.Ibnu Sina mengklasifikasikan kurikulum berdasarkan jenjang usia
peserta didik. Terdapat beberapa metode pembelajaran dalam konsep pendidikan
Ibnu Sina, di antaranya metode talqin, demonstrasi, keteladanan dan pembiasaan,
diskusi, magang, penugasan, tarhib, dan targhib. Pendidik dalam pandangan Ibnu
Sina haruslah memiliki akhlak yang mulia, memiliki kepribadian yang tangguh,
bertutur kata yang baik, serta memiliki hati yang tulus sebagai sosok panutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 01:50
Last Modified: 17 May 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item View Item