(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, SESUAIKAN UKURAN HALAMAN BERTTD, UPLOAD ULANG)...Efektivitas pemberdayaan dana Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) untuk meningkatkan ekonomi mustahik di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Madiun

Habsyari, Dyah Ayu (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, SESUAIKAN UKURAN HALAMAN BERTTD, UPLOAD ULANG)...Efektivitas pemberdayaan dana Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) untuk meningkatkan ekonomi mustahik di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DYAH AYU HABSYARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Habsyari, Dyah Ayu, Efektivitas Pemberdayaan Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) Untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.A.
Kata kunci: Pemberdayaan dana ZIS, peningkatan ekonomi mustahik.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya sumber penghasilan di masyarakat yang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya kemiskinan natural, kultural, dan structural. Oleh karena itu BAZNAS Kabupaten madiun membuat program pemberdayaan dana ZIS yang digunakan untuk mengembangkan usaha mustahik sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat yang masih lemah. Keberhasilan pemberdayaan dana ZIS ini dapat ditentukan oleh pendampingan, pemantauan, pengendalian dan pengawasan kepada mustahik .
Tujuan dari penelitian adalah menganalisis efektivitas pemberdayaan dana ZIS untuk meningkatkan ekonomi mustahik di BAZNAS Kabupaten Madiun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field reseach). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif induktif. Penelitian dilakukan di BAZNAS Kabupaten Madiun dengan teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan wawancara, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pengelolaan dana ZIS dalam meningkatkan ekonomi mustahik cukup efektif. 2. Pemberdayaan ZIS di BAZNAS Kabupaten Madiun kurang efektif, dikarenakan lembaga tidak menjalankan pengawasan, pembinaan dan pemantauan secara berkala. 3. Dampak dari penyaluran dana ZIS untuk meningkatkan ekonomi mustahik kurang efektif, hal ini dikarenakan beberapa mustahik belum mempu mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 01:49
Last Modified: 17 May 2021 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item View Item