Analisis Strategi Pemasaran Setelah Relokasi Sunday Market Kota Madiun

Pradini, Novita Diah Ayu Anjar (2021) Analisis Strategi Pemasaran Setelah Relokasi Sunday Market Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REVISI NOVITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diah Ayu Anjar Pradini, Novita. 2021, Analisis Strategi Pemasaran Setelah Relokasi Sunday Market Kota Madiun, Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata kunci: strategi pemasaran, peningkatan, omzet

Kegiatan perdagangan di Sunday Market Kota Madiun merupakan salah satu pasar minggu yang menjadi tempat para pedagang melakukan kegiatan jual beli, termasuk para pedagang. Sunday Market merupakan pasar pindahan dari
CFD (Car Free Day), karena adanya relokasi di CFD (Car Free Day) tersebut. Oleh sebab itu, semua pedagang yang berada di CFD(Car Free Day) Kota Madiun dipindahkan ke Sunday Market. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi pemasaran para pedagang dalam meningkatkan omzet penjualan setelah relokasi Sunday Market Kota Madiun.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan responden sebagai informan dipilih melalui penelusuran pedagang dan dapat mewakili serta
Representatif dalam penggalian informasi yang dibutuhkan.

Dalam hal ini, kegiatan wawancara dilakukan dengan pedagang Sunday Market. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pedagang
Sunday Market adalah diantaranya strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan, strategi tempat. Strategi pemasaran dari segi produk yaitu dengan
menyediakan barang yang berkualitas, adapun dari segi harga yaitu dengan cara menetapkan harga umum dan harga pas. Strategi pemasaran lainnya yaitu dari segi promosi dan tempat, promosi yang dilakukan oleh pedagang Sunday Market yaitu melalui media sosial dan platform, ada juga yang masih menggunakan sistem (menunggu pembeli datang) dan keberadaan Sunday Market dapat meramaikan tempat yang berada dipinggiran Kali Bantaran walaupun jarak yang
terlampau jauh. Keberadaan Sunday Market Kota Madiun menimbulkan dampak positif maupun negatif pada masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 03:09
Last Modified: 17 May 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item