PENGARUH NPF DAN FDR TERHADAP PEMBIAYAAN PADA BANK UMUM SYARIAH MELALUI DPK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PERIODE 2015-2019

AVISHA, NIA NUR (2021) PENGARUH NPF DAN FDR TERHADAP PEMBIAYAAN PADA BANK UMUM SYARIAH MELALUI DPK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PERIODE 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NIA NUR AVISHA_PS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Avisha, Nia Nur. 2021. Pengaruh NPF Dan FDR Terhadap Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Melalui DPK Sebagai Variabel Intervening Periode 2015-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Pembimbing Hanik Fitriani, M.E.Sy.

Kata kunci: NPF, FDR, DPK, Pembiayaan

Pembiayaan merupakan kegiatan bank yang sangat penting untuk dilakukan karena melalui pembiayaan suatu bank akan mendapatkan sumber pendapatan utama dan menjadi penunjang kelangsungan usaha bagi bank syariah. Berdasarkan pada laporan keuangan bank syariah, pembiayaan di duga dapat dipengaruhi oleh faktor NPF, FDR dan DPK. Secara teori, variabel NPF berpengaruh negatif terhadap pembiayaan karena dengan menurunnya rasio NPF maka akan dapat meningkatkan penyaluran pembiayaan. Variabel FDR berpengaruh positif terhadap pembiayaan karena penyaluran pembiayaan pada bank syariah akan meningkat ketika rasio FDR mengalami peningkatan. Dan variabel DPK sebagai variabel intervening juga berpengaruh positif terhadap pembiayaan karena dengan DPK yang meningkat maka akan dapat meningkatkan penyaluran pembiayaan. Tetapi pada faktanya, ketika NPF menurun pembiayaan pada bank syariah juga mengalami penurunan, sedangkan ketika FDR dan DPK mengalami peningkatan pembiayaan justru mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh NPF dan FDR secara parsial dan simultan terhadap DPK? Apakah terdapat pengaruh NPF, FDR dan DPK secara parsial dan simultan terhadap pembiayaan pada BUS? Apakah DPK dapat memediasi pengaruh antara NPF dan FDR terhadap pembiayaan pada BUS?
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 40 sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan BUS periode 2015-2019 yang diakses melalui website resmi masing-masing bank. Analisa data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap DPK pada BUS, dibuktikan dengan nilai sig 0,172 sedangkan FDR berpengaruh signifikan terhadap DPK, dibuktikan dengan nilai sig 0,018 (2) NPF berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan, dibuktikan dengan nilai sig 0,007 dan FDR tidak berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan, dibuktikan dengan nilai sig 0,149 serta DPK berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan, dibuktikan dengan nilai sig 0,000 (3) DPK sebagai variabel intervening tidak dapat memediasi pengaruh NPF terhadap pembiayaan namun DPK dapat memediasi FDR terhadap pembiayaan pada BUS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 07:42
Last Modified: 11 May 2021 07:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item