Strategi Pengembangan Usaha Batik Ciprat Pada Warga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo

Nafisa, Isna Aviani (2021) Strategi Pengembangan Usaha Batik Ciprat Pada Warga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
2107171245_Isna Aviani Nafisa_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nafisa, Isna Aviani. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Batik Ciprat Pada Warga Tunagrahita Di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo.Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Mansur Aziz LC., M.SI.
Kata kunci: Strategi, Pengembangan Usaha, Dampak, Batik Ciprat.
Dalam strategi pengembangan usaha diperlukan strategi yang tepat agar pengembangan usaha bisa berjalan secara sempurna, namun dalam hal ini pengembangan usaha batik ciprat Karangpatihan pada warga tungrahita masih kurang konsisten, yaitu ditunjukkan pada produksi yang tidak bisa menerima pesanan dalam jumlah banyak dikarenakan keterbatasan tenaga kerja yang dimiliki. Dan juga belum mengimplementasikan semua strategi yang ada. Sehingga munculnya permasalahan kurang efektifnya strategi pengembangan yang dilakukan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan usaha batik ciprat yang telah diterapkan pada warga tunagrahita di Desa Karangpatihan, serta dampak strategi pengembangan usaha terhadap warga tunagrahita di Desa Karangpatihan.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan mencari data langsung di lapangan. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan, menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh di lapangan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha batik ciprat dilakukan dengan tiga langkah yaitu mengembangkan pasar dari sisi produknya, mengembangkan pasar dari sistem penjualannya dan mengembangkan pasar dengan sinergisme. sedangkan dampak strategi pengembangan usaha batik ciprat terhadap warga tunagrahita di Desa Karangpatihan ada tiga dampak yang mempengaruhi yaitu dampak lingkungan, dampak ekonomi dan dampak sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Aziz
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 07:19
Last Modified: 11 May 2021 07:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13471

Actions (login required)

View Item View Item