Pengaruh Return On Asset, Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Dengan Capital Adequacy Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank BRI Syariah Periode 2013-2020

Rahmatika, Dewi (2021) Pengaruh Return On Asset, Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Dengan Capital Adequacy Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank BRI Syariah Periode 2013-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817219_Dewi Rahmatika_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahmatika, Dewi. 2021. Pengaruh Return On Asset, Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Dengan Capital Adequacy Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank BRI Syariah Periode 2013-2020. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Mansur Aziz Lc., M.SI.
Kata kunci: Bagi Hasil, Profitabilitas, Kecukupan Modal dan Biaya.
Tingkat bagi hasil sangat penting bagi Bank BRI Syariah untuk tetap menjaga kualitas yang diberikan kepada nasabahnya. Oleh karena itu tingkat laba Bank BRI Syariah bukan saja penyimpan dana akan selalu mempertimbankan tingkat imbalan yang diperoleh dalam melakukan investasi pada Bank BRI Syariah. Jika tingkat bagi hasil Bank BRI Syariah terlalu rendah maka tingkat kepuasan nasabah akan menurun dan kemungkinan besar akan memindahkan dananya ke Bank lain. Penelitian ini menggunakan CAR sebagai variabel intervening karena CAR adalah kecukupan modal yang merupakan hal penting dalam perbankan. Pada faktanya dalam penelitian ini menemukan data laporan keuangan bahwa semakin tinggi ROA maka semakin tinggi bagi hasil yang diterima nasabah. Jika rasio BOPO semakin tinggi, maka pendapatan bank akan turun sehingga bagi hasil yang akan diterima nasabah juga akan semakin menurun.
Rumusan masalah penelitian ini bermaksud untuk meneliti apakah CAR dapat memediasi antara ROA dengan Tingkat Bagi Hasil Deposito Muḍhārabah pada Bank BRI Syariah?. Apakah CAR dapat memediasi antara BOPO dengan Tingkat Bagi Hasil Deposito Muḍhārabah pada Bank BRI Syariah?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif dngan pendekatan asosiatif. Jenis data sekunder dari Triwulan I 2013- Triwulan IV 2020 data diambil dari website Bank BRI Syariah Indonesia. Analisa data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisa jalur/path analys.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CAR dapat memediasi antara ROA dengan Tingkat Bagi Hasil Deposito Muḍhārabah, hal ini dilihat dari nilai perkalian koefisien regresi tidak langsung sebesar (0,396) lebih besar dibandingkan nilai koefisien regresi langsung sebesar (-0,099). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR dapat memediasi antara BOPO dengan Tingkat Bagi Hasil Deposito Muḍhārabah, hal ini dilihat dari nilai perkalian koefisien regresi tidak langsung sebesar (0,240) lebih besar dibandingkan nilai koefisien regresi langsung sebesar (-0,199).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Aziz
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 06:59
Last Modified: 11 May 2021 06:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13469

Actions (login required)

View Item View Item