PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN INFLASI TERHADAP TERJADINYA NON PERFORMING FINANCING PADA BANK BRI SYARIAH PERIODE 2012-2020

Sari, Leni Novita (2021) PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN INFLASI TERHADAP TERJADINYA NON PERFORMING FINANCING PADA BANK BRI SYARIAH PERIODE 2012-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817083 Leni Novita Sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Novita Sari, Leni. 2021. Pengaruh Financing to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Inflasi Terhadap Terjadinya Non Performing Financing Pada Bank BRI Syariah Periode 2012-2020. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M.Pd.
Kata Kunci: NPF, FDR, CAR, Inflasi dan ECM
NPF merupakan rasio pembiayaan yang bermasalah atau pembiayaan macet terhadap total dari suatu pembiayaan. Semakin tinggi nilai NPF. FDR yang tinggi berarti bank telah memaksimalkan fungsinya, namun keadaan ini berarti menurunkan tingkat likuiditas bank dan mempertinggi resiko pembiayaan bermasalah. Ternyata pada faktanya FDR mengalami kenaikan NPF justru mengalami penurunan. Semakin tinggi CAR, maka semakin besar pula kemampuan bank dalam meminimalisir resiko pembiayaan yang terjadi. Ternyata pada faktanya CAR mengalami kenaikan NPF justru mengalami penurunan. Inflasi umumnya memberikan dampak yang kurang menguntungkan sebagai akibat dari kepanikan harga barang yang naik secara terus menerus dan perekonomian tidak berjalan normal. Sebagai akibat kepanikan tersebut, maka masyarakat cenderung untuk menarik tabungan guna membeli dan menumpuk barang, sehingga menyebabkan kredit berjalan tidak lancar atau bermasalah. Ternyata pada faktanya Inflasi mengalami kenaikan NPF justru mengalami penurunan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yakni data triwulan yang dipublikasikan oleh Bank BRI Syariah dan BI. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah FDR, CAR, dan Inflasi. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non performing ratio. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correstion Model (ECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hubungan jangka pendek variabel FDR dalam jangka pendek FDR tidak berpengaruh terhadap NPF. Sementara berdasarkan hasil uji hubungan jangka panjang variabel FDR dalam jangka panjang FDR berpengaruh negatif terhadap NPF. Namun pada variabel CAR berdasarkan hasil uji hubungan jangka pendek dan jangka panjang tidak berpengaruh signifikan terhadap NPF. Pada variabel inflasi berdasarkan hasil uji hubungan jangka pendek inflasi dalam jangka pendek inflasi tidak berpengaruh terhadap NPF. Sementara berdasarkan hasil uji hubungan jangka dalam jangka panjang inflasi berpengaruh negatif terhadap NPF. Berdasarkan hubungan jangka pendek dan jangka panjang FDR,CAR, dan Inflasi mempengaruhiNPF

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 06:58
Last Modified: 11 May 2021 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item View Item