Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Seni Hasta Karya Di TA Al-Maanar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo

Maghfiroh, Nurul (2021) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Seni Hasta Karya Di TA Al-Maanar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211116013_NURUL MAGHFIROH_PIAUD.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Maghfiroh, Nurul. 2021. Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak
Usia Dini Melalui Seni Hasta Karya di TA Al-Manaar Al-Islamiyah
Ngabar Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Peran guru, Pengembangan kreativitas, Seni hasta karya, Anak usia
dini
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan
kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun, yang dilakukan melalui
pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani serta rohani agar anak mempunyai kesiapan untuk
memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satunya adalah dengan cara
mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. Kreativitas merupakan suatu
proses yang tercermin dalam kelancaran, kelenturan (fleksibilitas), dan orginalitas
dalam berfikir serta kemampuan untuk mengkolaborasi (mengembangkan,
memperkaya, dan merinci) suatu gagasan. Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar
terdapat beberapa anak yang kemampuan kreativitasnya belum berkembang
secara maksimal, meskipun di lembaga pendidikan ini sudah menerapkan sistem
pembelajaran menggunakan model pembelajaran sentra.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran guru sebagai
motivator dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui seni hasta
karya di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo, dan (2) peran guru
sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui seni
hasta karya di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di TA Al-Manaar Al-
Islamiyah Ngabar Ponorogo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan konsep analisis Milles Hiberman
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) peran guru sebagai motivator dalam
mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui seni hasta karya di TA Al-
Manaar Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo yaitu dengan cara memberikan dorongan,
motivasi serta memberikan rangsangan kepada anak dalam pengembangan
kreativitasnya secara maksimal agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan
harapan; 2) peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kreativitas anak
usia dini melalui seni hasta karya di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar
Ponorogo adalah: (a) guru menyedikan fasilitas berupa bahan-bahan atau media
yang dibutuhkan sesuai dengan tema pembelajaran yang dapat menunjang anak
dalam mengembangkan tingkat kreativitasnya; (b) menciptakan suasana belajar
yang efektif agar agar anak tidak mudah jenuh dan bosan; (c) guru melibatkan
orng tua murid untuk mmbantu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan yang dibawa dari rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2021 03:03
Last Modified: 17 May 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13467

Actions (login required)

View Item View Item