Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Performing Financing Pada BPRS Di Indonesia Periode Tahun 2014-2020

Lestari, Wahyu Puji (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Performing Financing Pada BPRS Di Indonesia Periode Tahun 2014-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817205_Wahyu Puji Lestari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Wahyu Puji. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Performing Financing Pada BPRS Di Indonesia Periode Tahun 2014-2020. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah. Pembimbing Yunaita Rahmawati, SE., M.Si., Ak.

Kata Kunci: BPRS, NPF, Inflasi, BI Rate, FDR, CAR dan ECM

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya nilai Non Performing Financing pada BPRS. Pada tujuh tahun terakhir dari tahun 2014-2020 rasio Non Performing Financing berada di atas batas aman yang ditentukan Bank Indonesia yaitu sebesar 5%. Hal ini akan berakibat menurunnya profitabilitas dan akan mempengaruhi kegiatan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, BI Rate, Financing to Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio dalam jangka panjang dan pendek terhadap Non Performing Financing pada BPRS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang di terbitkan OJK dalam website resminya. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inflasi, BI Rate, FDR, dan CAR. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Non Performing Financing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Error Corection Model (ECM). Metode ECM digunakan untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Inflasi, FDR dan CAR dalam jangka pendek dan jangka panjang tidak berpengaruh terhadap NPF. BI rate dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap NPF akan tetapi dalam jangka panjang berpengaruh positif signifikan terhadap NPF. Secara simultan Inflasi BI Rate, FDR dan CAR berpengaruh signifikan sebesar 25,9173% terhadap NPF dan secara jangka panjang berpengaruh signifikan sebesar 26,5841% terhadap NPF.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 07:17
Last Modified: 11 May 2021 07:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13465

Actions (login required)

View Item View Item