Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Kurs terhadap Non Performing Financing Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2016-2019 dalam Jangka Panjang dan Pendek

Aviantari, Vira Yogi (2021) Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Kurs terhadap Non Performing Financing Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2016-2019 dalam Jangka Panjang dan Pendek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817185_VIRA YOGI A.pdf

Download (980kB) | Preview

Abstract

Aviantari, ViraYogi. 2021.” Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Kurs terhadap Non Performing Financing Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2016-2019 dalam Jangka Panjang dan Pendek”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Nurma Fitrianna, M.SM.
Kata Kunci: NPF, Kurs, Suku Bunga, Inflasi
Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No. 15/2/PBI/2013 menetapkan bahwa salah satu kriteria bank yang dinilai memiliki potensi kesulitan yang dapat membahayakan kelangsungan usahanya adalah bank dengan rasio kredit bermasalah (Non Performing Financing) secara neto lebih dari 5% (lima persen) dari total kredit. Berdasarkan data yang dikumpulkan tingkat NPF masih tergolong tinggi bahkan mengalami kenaikan di sekitar tahun 2016-2019, dan masih terdapat ketidak konsistenan hasil penelitian terdahulu terutama dari faktor eksternal perusahaan maka dari itu perlu dilakukan penelitian dengan data dan metode yang berbeda supaya dapat dilakukan strategi terbaru untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dalam jangka pendek dan jangka panjang faktor eksternal dengan menggunakan tiga variabel inflasi, suku bunga dan kurs terhadap tingkat NPF Perbankan Syariah di Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu data bulanan yang diterbitkan oleh OJK dalam website resminya dengan total observasi. Variable independent yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inflasi, Suku Bunga dan Kurs. Sedangkan variable dependent yang digunakan dalam penelitian ini adalah NPF. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM). Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Inflasi dalam jangka pendek dan jangka panjang tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat NPF. Suku bunga dalam jangka pendek maupun jangka Panjang tidak berpengaruh terhadap tingkat Non Performing Financing. Berdasarkan hasil uji hubungan jangka pendek variabel kurs diperoleh t-Statistic (t-hitung) lebih kecil dari t-kritis artinya dalam jangka pendek kurs tidak berpengaruh terhadap tingkat NPF. Sementara itu dalam pengujian jangka Panjang di dapat bahwa nilai t-Statistic (t-hitung) lebih besar dari t-kritis, dan nilai probabilitas lebih besar dari jadi berpengaruh dalam jangka Panjang. Secara simultan jangka pendek maupun jangka panjang Inflasi, Suku Bunga dan Kurs berpengaruh signifikan terhadap tingkat NPF.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 06:01
Last Modified: 11 May 2021 06:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item