Pengaruh Lokasi Dan Pengetahuan Masyarakat Umum Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BRI Syariah KC Kediri Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening

Indriani, Lutfia (2021) Pengaruh Lokasi Dan Pengetahuan Masyarakat Umum Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BRI Syariah KC Kediri Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817210_LUTFIA INDRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indriani, Lutfia. Pengaruh Lokasi Dan Pengetahuan Masyarakat Umum Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BRI Syariah KC Kediri Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Husna Ni’matul Ulya, M.E,Sy.

Kata Kunci: Lokasi, Pengetahuan, Minat, Keputusan, Bank Syariah.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya market share perbankan syariah dibanding bank konvensional, yang dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran masyarakat umum terhadap bank syariah. Untuk meningkatkan pertumbuhan market share diperlukan kinerja yang baik dari masing-masing bank syariah. Tujuannya agar bank syariah lebih dikenal oleh masyarakat secara luas sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memutuskan menjadi nasabah di bank Syariah. Faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat memilih bank Syariah diantaranya yaitu lokasi yang strategis dan pengetahuan yang cukup mengenai bank syariah khususnya BRI Syariah KC Kediri. Pada penelitian ini kedua faktor tersebut dirasa masih kurang dari segi penerapannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan pengetahuan masyarakat umum terhadap keputusan menjadi nasabah di BRI Syariah KC Kediri dengan minat sebagai variabel intervening.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik sampling
insidental. Variabel independen dalam penelitian ini adalah lokasi dan pengetahuan masyarakat umum, variabel dependen yang digunakan yaitu keputusan mejadi nasabah, dan menggunakan minat sebagai variabel intervening.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. 2) Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. 3) Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat. 4) Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat. 5) Minat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. 6) Lokasi, pengetahuan masyarakat umum dan minat secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan. 7) lokasi dan pengetahuan masyarakat umum secara bersama-sama berpengaruh signifikan. 8) Minat tidak dapat memediasi antara lokasi terhadap keputusan menjadi nasabah. 9) Minat tidak dapat memediasi anatara pengetahuan masyarakat umum terhadap keputusan menjadi nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 05:02
Last Modified: 11 May 2021 05:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item View Item