Pengaruh Lokasi Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Taman Wisata Genilangit Kecamtan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur

Fitriani, Dwi (2021) Pengaruh Lokasi Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Taman Wisata Genilangit Kecamtan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717026_DWI FITRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, Dwi. 2021. Pengaruh Lokasi dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Taman Wisata Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Lokasi, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung, Taman Wisata
Taman wisata Genilangit adalah objek wisata yang terletak di Dukuh Sepring, Bogosari, Bogoarum Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan jumlah kunjungan wisata Genilangit menunjukkan bahwa pada setiap bulannya taman wisata Genilangit mengalami ketidak stabilan jumlah pengunjung terkadang mengalami kenaikan dan mengalami penurunan, dan pada tahun 2020 lima bulan terakhir taman wisata Genilangit mengalami penurunan yang sangat drastis Jika keputusan pengunjung pada taman wisata Genilangit rendah maka, hal tersebut akan berdampak pada pendapatan dan biaya operasional yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, taman wisata Genilangit harus memikirkan cara-cara agar dapat terus bertahan dalam menjalankan usaha jasa. Hasil dari wawancara yang dilakukan diketahui bahwa adanya perbedaan antara teori dan praktik di lapangan terkait lokasi dan citra destinasi. Berdasarkan permasalan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung pada taman wisata Genilangit.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif dengan jumlah populasi yang tak terhingga dan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode incidental sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner.
Dari analisis data yang digunakan antara lain menggunakan validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan software spss, dapat disipulkan bahwa lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung pada taman wisata Genilangit, citra destinasi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung taman wisata Genilangit sebesar 54,5 % selain itu dapat disimpulkan bahwa lokasi dan citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung pada taman wisata Genilangit secara simultan sebesar sebesar 54,5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keputusan berkunjung pada taman wisata Genilangit dengan cara mempertahankan kesan yang telah dibangun untuk pengunjung dan menambah spot-spot foto yang baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 05:01
Last Modified: 11 May 2021 05:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item View Item