UPAYA SANTRI DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA (Studi pada Usaha Mandiri Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan)

Khafidloh, Khafidloh (2021) UPAYA SANTRI DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA (Studi pada Usaha Mandiri Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi-210717052-Khafidloh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khafidloh, Upaya Santri Dalam Pengembangan Wirausaha (Studi pada Usaha Mandiri Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, pembimbing: Iza Hanifuddin, Ph.D.

Kata kunci: Santri Putri, Mengembangkan Wirausaha Secara Mandiri.
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Putri disini mempunyai banyak kegiatan belajar seperti halnya sistem pembelajaran tradisional, yaitu sorogan, bandongan,balaghan,halaqah, takror Al-qur’an dan seperi lainnya dan Qiroatus Sab’ah.Santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasanyang seharusnya fokus dengan kegiatan belajar dalam program di pondok. Akan tetapi banyak santri putri yang berwirausaha dilingkungan pondok. Hendaknya santri bisa menyeimbangkan antara pembelajaran di pondok dan wirausahanya secara proporsional.
Peneliti ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagimana cara santri putri mengembangkan wirausahanya di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al- Hasan (2) Mengetahui apa saja bentuk-bentuk wirausaha santri putri (3) Mengetahui bagimana dampak wirausaha santri putri terhadap kemandirian ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan lokasi penelitian pada santri yang berada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Adapun terkait teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, subjek yang diwawancarai oleh peneliti untuk digali datanya lebih mendalam, di antaranya seperti: semua para santri yang menjalankan wirausahanya di ruang lingkup pesantren.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data ditemukan bahwa (1) Cara santri putri mengembangkan wirausahanya di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al- Hasan sudah termasuk dalam kategori baik. Praktek dan keadaan di lapangan, pelaksanaan wirausaha mandiri santri putri berjalan dengan baik. Setiap santri memiliki kreaktifitas atau ide-ide tersendiri untuk menjalankan sebuah usahanya (2) Bentuk-bentuk wirausaha santri putri moyoritas usaha yang di jalankan santri tersebut yang biasa sering dibutuhkan para santri, jadi agar mudah para santri dalam memperolehnya yakni diantaranya: Reseller pakaian, masker wajah, oriflime, produk Nasa Herbal, isi pulsa saldo, masker hijab ataupun masker kain, jilbab, outer, jajanan chiki-chiki, sarung santri, mukena dan lainnya. Dari sini bisa membantu para santri memperoleh serta begitu juga santri memiliki targer untuk bisa menabung sedikit demi sedikit. (3) Dampak wirausaha santri putri terhadap kemandirian ekonomi, yakni dari segi ekonomi santri dari sini santri yang wirausaha mandiri ia mendapatkan penghasilan sendiri, bisa menabung, bisa membantu beban orang tua dalam biaya kos makan serta syahriyah di pondok, bisa membayar separuh dari pembayaran UKT kampus. Sedangkan dari kegiatan program belajar yang ada dipondok tidak menggangu waktu sorogan, halaqoh, bandongan, takror, tidak menggangu hafalannya para santri serta tidak menggangu madrasyah diniyahnya, karena diniyah dilakukan pada malam hari serta takror dan lainnya itu juga dilakukan pergantian jam dengan waktu shif-shifan. Dan dalam wirausaha tersebut mencari sela-sela waktu bila tidak ada kegiatan secara berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 03:55
Last Modified: 11 May 2021 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item