(GUNAKAN TTD ASLI PADA SETIAP LEMBAR BERTTD DAN LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, HILANGKAN GAMBAR LOGO IAIN PADA HAL. 1, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 SAWOO PONOROGO

Wayanti, Winda Kusuma (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA SETIAP LEMBAR BERTTD DAN LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, HILANGKAN GAMBAR LOGO IAIN PADA HAL. 1, UPLOAD ULANG)...PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 SAWOO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WINDA KUSUMA WAYANTI_SKRIPSI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 SAWOO PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wayanti, Winda K. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Sawoo Ponorogo Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.

Kata Kunci : Strategi, Kemampuan Berpikir, Kemampuan Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI siswa kelas VII A di SMPN 3 Sawoo. Hal ini bisa dilihat dengan kurangnya konsentrasi siswa pada pembelajaran, kebanyakan siswa pasif, cenderung malas berpikir, kurang tertarik dengan pembelajaran, lebih mengandalkan hafalan dan kurang memperhatikan guru. Guru belum memaksimalkan perannya dalam proses pembelajaran. seharusnya agar siswa aktif dan proses pembelajaran bisa lebih hidup perlu adanya hubungan timbal balik yang baik antara guru dan siswa. sayangnya hal itu belum maksimal karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan fasilitas sekolah belum maksimal dan masih terbatas sehingga siswa cenderung pasif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keaktifan belajar siswa dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMPN 3 Sawoo Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang tediri dari 4 siklus, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN 3 Sawoo Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil yang dicapai berdasarkan analisis tentang peningkatan motivasi dan keaktifan pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMPN 3 Sawoo Ponorogo. Hal ini terlihat pada pendapatan observasi keaktifan belajar siswa kelas VII A pada siklus I, sebanyak 11 siswa atau 36,67 % meperoleh nilai ≥75 atau tuntas. Dan pada siklus II, terjadi peningkatan menjadi sebanyak 26 siswa atau 86,67% dari 30 siswa yang memperoleh nilai ≥75. Sisanya sebanyak 13,33% dinyatakan kurang maksimal karena kehadiran siswa tersebut tidak memenuhi jumlah pertemuan pada siklus yang telah diterapkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Sawoo Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 02:26
Last Modified: 11 May 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13435

Actions (login required)

View Item View Item