PENGARUH PENGETAHUAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH GURU DAN KARYAWAN PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA DALAM MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Prabawati, Adhita (2021) PENGARUH PENGETAHUAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH GURU DAN KARYAWAN PONDOK PESANTREN DARUT TAQWA DALAM MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Adhita Prabawati.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prabawati, Adhita. Pengaruh Pengetahuan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan
Nasabah Guru dan Karyawan Pondok Pesantren Darut Taqwa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel
Intervening, 2021, Fakualtas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, SE.,M.E.

Kata Kunci: Pengetahuan, Fasilitas, Lokasi, Kepercayaan, Keputusan Nasabah.

Keputusan merupakan pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan kepercayaan sebagai variabel intervening. Dari teori dan beberapa hasil wawancara mengenai pengetahuan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan nasabah terjadi kesenjangan, di mana dalam teori dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan, semakin baik fasilitas dan juga semakin strategis lokasi maka akan menjadikan keputusan nasabah terhadap perbankan syariah meningkat. Tetapi kenyataanya tingkat pengetahuan rendah, fasilitas yang sering mengalami gangguan/ kurang baik dan lokasi yang kurang strategis tetap menjadikan guru dan karyawan Pondok Pesantren Darut Taqwa menggunakan jasa perbankan syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, fasilitas, lokasi dan kepercayaan terhadap keputusan, pengaruh pengetahuan, fasilitas dan lokasi terhadap kepercayaan, pengaruh pengetahuan dan fasilitas terhadap keputusan guru dan karyawan dalam menggunakan jasa perbankan syariah dengan kepercayaan sebagai variabel intervening.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil sebanayak 80 responden. Teknik pegumpulan data yang dilakukan yaitu kuisoner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap kepercayaan sebesar 2,971, fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepercayaan sebesar 0,765, lokasi secara parsial berpengaruh terhadap kepercayaan sebesar 5,210, pengetahuan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan sebesar 4,581, fasilitas, lokasi dan kepercayaan tidak terdapat pengaruh dengan nilai -0,237, 0,870 dan 0,881, pengetahuan, fasilitas lokasi dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan sebesar 20,830, kepercayaan tidak mampu memediasi hubungan antara pengetahuan karena hubungan langsung lebih besar dari hubungan tidak langsung yaitu sebesar 0,905>0,056, kepercayaan mampu memediasi hubungan antara fasilitas karena hubungan tidak langsung lebih besar dari hubungan langsung sebesar 0,016>-0,050.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 02:22
Last Modified: 11 May 2021 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13430

Actions (login required)

View Item View Item