PENGARUH CAR DAN BOPO TERHADAP ROA DENGAN NPF SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH

Agustina, Diska (2021) PENGARUH CAR DAN BOPO TERHADAP ROA DENGAN NPF SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817118 diska agustina.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agustina, Diska. Pengaruh CAR dan BOPO Terhadap ROA Dengan NPF Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata kunci: Laporan keuangan, Rasio, Fluktuasi, Profitabilitas.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil laporan keuangan Bank Umum Syariah periode 2015-2019 yaitu adanya ketidaksesuaian antara teori dengan fakta yang terjadi. ROA merupakan gambaran produktivitas suatu bank dalam mengelola dana sehingga suatu bank tersebut menghasilkan keuntungan. Semakin besar ROA suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dan semakin baik pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dan semakin baik pula posisi bank tersebut dari segi penggunaan asset. Rasio-rasio yang mempengaruhi ROA diantaranya yaitu CAR dan BOPO. Dari data laporan keuangan tersebut variabel ROA sebagai variabel dependen memiliki penyakit yaitu ROA mengalami penurunan, karena dalam dunia perbankan untuk melihat kinerja suatu bank adalah dengan melihat rasio profitabilitas salah satunya adalah ROA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah CAR berpengaruh terhadap ROA? 2) Apakah BOPO berpengaruh terhadap ROA? 3) Apakah CAR dan BOPO secara simultan berpengaruh terhadap ROA? 4) Apakah CAR terhadap ROA dimoderasi oleh NPF? 5) Apakah BOPO terhadap ROA dimoderasi oleh NPF?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedangkan sumber data berasal dari data sekunder. Teknik pengambilan sampel ini dengan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, MRA dan uji hipotesis. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan aplikasi SPSS 21.0.
Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan secara parsial bahwa CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA pada Bank Umum Syariah, BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA pada Bank Umum Syariah. Berdasarkan uji F bahwa CAR dan BOPO secara simultan berpengaruh terhadap ROA pada Bank Umum Syariah. CAR terhadap ROA pada Bank Umum Syariah yang dimoderasi oleh NPF berpengaruh negatif dan tidak signifikan artinya CAR terhadap ROA tidak dimoderasi oleh NPF. BOPO terhadap ROA pada Bank Umum Syariah yang dimoderasi oleh NPF berpengaruh positif dan tidak signifikan artinya BOPO terhadap ROA tidak dimoderasi oleh NPF.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 02:20
Last Modified: 11 May 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13429

Actions (login required)

View Item View Item