(UPLOAD ULANG FORMAT PDF DAN LENGKAPI DAFTAR PUSTAKA)...Strategi Mitigasi Risiko Pada Pembiayaan Kpr Ib Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri Pada Masa Covid-19

Renarta Affandi, Meyfie (2021) (UPLOAD ULANG FORMAT PDF DAN LENGKAPI DAFTAR PUSTAKA)...Strategi Mitigasi Risiko Pada Pembiayaan Kpr Ib Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri Pada Masa Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Meyfie Renarta Affandi_Skripsi Perbakan 2021.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Affandi, Meyfie Renarta. 2020. Strategi Mitigasi Risiko Pada Pembiayaan KPR iB di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Kediri Pada Masa Covid-19. Laporan akhir, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Iza Hanifuddin, Ph.D.

Kata Kunci: Rigid, faktor interal, faktor eksternal.
Proses mitigasi risiko pada pembiayaan dilakukan sebagai salah satu kegiatan usaha yang bertujuan untuk mengurangi maupun meminimalisir munculnya dampak di awal maupun di akhir pembiayaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi atau rencana. Mitigasi risiko pada pembiayaan KPR iB Muamalat bertujuan untuk mengantisipasi munculnya dampak risiko yang akan dihadapi di lapangan. Bilamana risiko dapat dimitigasi maka akan menimbulkan keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan, dan sebaliknya bila risiko tidak dapat dimitigasi dengan baik, maka kerugian maupun tidak tercapainya kesejahteraan bagi para pihak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi mitigsi risiko pembiayaan KPR iB Muamalat pada Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri yang menjadi lebih rigid saat adanya pandemi virus Covid-19 saat ini.
Hasil dari penelitian ini adalah pada strategi mitigasi risiko pembiayaan KPR iB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri adalah dengan melakukan pembagian mitigasi pada faktor internal dan eksternal. Dengan menambah prosedur pada identifikasi nasabah, dan kelengkapan data. Selain itu juga melakukan pemangkasan market atau kriteria nasabah. Melakukan double crosscheck untuk pihak developer hunian, serta melakukan training SDM tim mitigasi risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 May 2021 02:16
Last Modified: 11 May 2021 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item View Item