Peran Balai Latihan Kerja Ponorogo Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran

Nurhidayanto, Rizka (2021) Peran Balai Latihan Kerja Ponorogo Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PERAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENGURANGI TINGKAT PENGANGGURAN UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rizka Nurhidayanto, Peran Balai Latihan Kerjs Ponorogo Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran.. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph.D.
Kata Kunci : Peran, Balai Latihan Kerja, Pengangguran

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah pengangguran yang terjadi di Ponorogo. Balai Latihan kerja yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah seharusnya mampu menunjukkan peranannya dalam mengatasi masalah tersebut. Balai Latihan Kerja Ponorogo melaksanakan program pelatihan mendidik sumber daya manusia sehingga berkompeten dan mampu bersaing di dunia kerja. Namun demikian, masih banyak alumni pasca pelatihan Balai latihan Kerja Ponorogo yang belum terserap di dunia kerja atau menganggur.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana peranan balai latihan kerja dalam menanggulangi masalah pengangguran di Kabupaten Ponorogo, (2) Bagaimana peranan Balai Latihan Kerja Ponorogo terhadap pendampingan alumni Balai Latihan, (3) Apa kendala yang dihadapi Balai Latihan Kerja Ponorogo dalam menjalankan peranannya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berusaha mengetahui peranan Balai Latihan kerja Ponorogo berdasarkan data-data yang ada dan didukung dengan wawancara dan observasi langsung kepada pegawai dan peserta Balai Latihan Kerja Ponorogo. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menujukan bahwasanya Balai Latihan Kerja Ponorogo memiliki peranan yang penting dalam membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir Balai Latihan Kerja Ponorogo Melatih peserta sebanyak 5.434 peserta dan dari seluruh peserta sebanyak 3.816 alumni mampu terserap ke dalam dunia kerja dengan persentase sebesar 70,2%. Di samping itu, BLK Ponorogo juga menghadapi beberapa kendala diantaranya: krisis nya tenaga instruktur yang ada, kurangnya sarana prasarana, dan terdapat bagian yang tidak kompeten.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 07:36
Last Modified: 10 May 2021 07:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item View Item