Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat, Infak dan Sedekah Melalui Program Bankziska Oleh Lazismu di Bmt Hasanah Ponorogo

Muzakki, Ashfi Haani (2021) Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat, Infak dan Sedekah Melalui Program Bankziska Oleh Lazismu di Bmt Hasanah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211617031-ASHFI HAANI M- MAZAWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muzakki, Haani, Ashfi. Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat, Infak dan Sedekah Melalui Program Bankziska Oleh Lazismu di Bmt Hasanah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat Dan Wakaf, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Muhtadin Amri, M.S.A.K.

Kata Kunci: Program BankZiska, mengetaskan masyarakat dari riba.

Penelitian ini dilatar belakangi sebagai bentuk keprihatinan atas merajalelanya sistem bunga yang mencekik masyarakat kecil. Sehingga LazisMu Jawa Timur memberikan solusi kepada para pelaku usaha super mikro, mikro dan kecil dengan memberikan pinjaman program BankZiska. Keberhasilan program BankZiska dalam mengetaskan masyarakat dari riba juga dapat ditentukan oleh indikator-indikator yang dikemukakan oleh Ni Wayan Budiani yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, pemantauan (monitoring) dan dampak yang diterima oleh para mitra melalui program BankZiska.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pendistribusian program BankZiska dalam mengetaskan masyarakat dari riba di BMT Hasanah Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field reseach) untuk pendekatan menggunakan jenis kualitatif induktif. Penelitian dilakukan di BMT Hasanah Ponorogo dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. dalam program BankZiska menggunakan sistem akad Qordul Hasan. 2. efektivitas pendistribusian program BankZiska dapat dikatakan sudah efektif, tetapi fakta di lapangan masih belum efektif, karena masih adanya mitra yang belum sepenuhnya terbebas dari jeratan riba. Hal tersebut dikarenakan masih rendahnya pinjaman yang diberikan oleh BMT Hasanah Ponorogo. 3. Dampak pendistribusian dana ZIS melalui program BankZiska kepada para mitra BankZiska dapat dikatakan kurang efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya mitra BankZiska yang belum sepenuhnya terbebas dari riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 07:06
Last Modified: 10 May 2021 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item View Item