Pengaruh Pertumbuhan UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Ponorogo Periode 2013-2017

Aulia, Rizka (2021) Pengaruh Pertumbuhan UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Ponorogo Periode 2013-2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716082_Rizka Aulia_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PDRB adalah ukuran penting yang bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu daerah dalam suatu negara. Pertumbuhan ekonomi yang positif dapat dilihat dari meningkatnya laju PDRB. Namun, tinjauan lapangan yang dilakukan didapatkan suatu temuan dimana penurunan kualitas UMKM di Kabupaten Ponorogo tidak menunjukkan kaitan yang erat dengan pertumbuhan ekonomi regional di Kabupaten Ponorogo yang seharusnya berdasarkan penelitian sebelumnya terdapat kaitan yang kuat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh pertumbuhan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ponorogo periode tahun 2013-2017.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah jumlah UMKM berpengaruh terhadap PDRB perkapita di Kabupaten Ponorogo?. 2) Apakah tenaga kerja di UMKM berpengaruh terhadap PDRB perkapita di Kabupaten Ponorogo?. 3) Apakah jumlah UMKM dan tenaga kerja UMKM berpengaruh terhadap PDRB perkapita di Kabupaten Ponorogo?.
Penelitian ini melakukan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi terhadap sejumlah sampel kecamatan pada Kabupaten Ponorogo menggunakan metode sampling purposive. Jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 10 unit, yaitu Kecamatan Ponorogo, Babadan, Sambit, Sooko, Bungkal, Sawoo, Kauman, Sukorejo, Siman dan Mlarak yang selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah UMKM tidak berpengaruh signifikan terhadap PDRB perkapita di Kabupaten Ponorogo. Tenaga kerja di UMKM juga tidak berpengaruh signifikan terhadap PDRB perkapita di Kabupaten Ponorogo, namun secara simultan pertumbuhan UMKM dan tenaga kerja UMKM berpengaruh secara signifikan terhadap PDRB perkapita di Kabupaten Ponorogo sebesar 34,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 06:24
Last Modified: 10 May 2021 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13410

Actions (login required)

View Item View Item