(lengkapi stempel pada lembar persetujuan, upload ulang)...REPRESENTASI BUDAYA ANDHAP ASOR SEORANG PETANI PADA TADARUS PUISI RAMADHAN “MATA LUKA SENGKON KARTA” OLEH PERI SANDI HUIZACHE DALAM AKUN YOUTUBE FADLY ZON (ANALISIS WACANA TEUN A VAN DIJK).

Setyawan, Agus (2021) (lengkapi stempel pada lembar persetujuan, upload ulang)...REPRESENTASI BUDAYA ANDHAP ASOR SEORANG PETANI PADA TADARUS PUISI RAMADHAN “MATA LUKA SENGKON KARTA” OLEH PERI SANDI HUIZACHE DALAM AKUN YOUTUBE FADLY ZON (ANALISIS WACANA TEUN A VAN DIJK). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211017028_Agus Setyawan_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agus Setyawan. 2021. Representasi Budaya Andhap Asor Seorang Petani (Analisis Wacana Tadarus Puisi Ramadhan “Mata Luka Sengkon Karta” oleh Peri Sandi Huizache dalam akun youtube Fadly Zon) Skripsi. Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata kunci : Puisi, Representasi, dan Analisis Wacana.
Puisi merupakan ungkapan perasaan yang mengisyaratkannya dengan kalimat atau tulisan. Puisi merupakan karya sastra yang diperpendek tetapi memiliki irama. Selain itu Puisi bagian dari kebudayaan di Indonesia. Yang mengajarkan nilai-nilai bermasyarakat salah satunya adalah budaya Adhap asor . nilai tersebut bisa didapat dari analisis wacana salah satu analisisi wacana yang digunakan adalah Teun Van Dijk. seperti halnya dalam puisi Mata luka sengkon karta karya Peri Sandi Huzaische yang di unggah pada kanal youtube fadly zon. Dalam puisi peneliti menemukan representasi budaya andhap asor seorang petani. Didapat melalui beberapa rumusan masalah yaitu terkait susunan struktur makro, superstruktur dan struktur mikro.

Adapun adapun tujuan penulisan ini adalah (1) bagaimana representasi budaya andhap asor dalam struktur makro “ puisi mata luka sengkon karta karya peri sandi dalam akun youtube fadly zon?” (2) bagaimana representasi budaya andhap asor dalam superstruktur “ puisi mata luka sengkon karta karya peri sandi dalam akun youtube fadly zon?” (3) bagaimana representasi budaya andhap asor dalam struktur mikro “ puisi mata luka sengkon karta karya peri sandi dalam akun youtube fadly zon?” yang mana menggunakan teknik dan metode yang digunakan Teun A Van Dijk.

Dari tujuan ditulis kesimpulan berhasil ditemukan representasi budaya andhap asor dari 3 struktur teun van dijk (1)struktur makro terlihat dari 3 judul dan 4 kalimat temuan mengarah andhap asor, (2)superstruktur ditemukan penjabaran hasil kalimat utama yang mana kalimat wejangan, hemat, percaya hukum, taat beragama merupakan ragam bentuk penggambaran sifat seorang berbudaya andhap asor, (3) struktur mikro dalam penelitian ini cenderung memiliki perwakilan tentang gaya bahasa yang menekankan titik dimana budaya andhap asor itu terbentuk karna perilaku tokoh dalam alur cerita serta pembawaan pembaca naskah puisi tersebut. Dan kesimpulan dari tiga unsur adalah representasi budaya andhap asor tercipta dari sikap dan perilaku sengkon karta dalam runtutan kalimat puisi essay atau puisi jurnalism.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 05:34
Last Modified: 10 May 2021 05:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item View Item