Efektivitas Pelaksanaan Program Upt Balai Latihan Kerja (BLK) Ponorogo Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Ponorogo

Firmansyah, Gama (2021) Efektivitas Pelaksanaan Program Upt Balai Latihan Kerja (BLK) Ponorogo Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
GAMA FIRMANSYAH SKRIPSI UPLOAD 2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Firmansyah, Gama. Efektivitas Pelaksanaan Program Upt Balai Latihan Kerja (BLK) Ponorogo Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S.Ag.,M.SI.

Kata Kunci: BLK Ponorogo, Efektivitas, Kualitas SDM.
BLK Ponorogo dibentuk untuk menciptakan tenaga kerja terampil, profesional, produktif dan kompeten melalui pelatihan kerja untuk memenuhi kebutuhan usaha kecil dan menengah. Namun dengan seiring berjalannya program tersebut apakah memang benar-benar efektif memberikan dampak bagi siswa khususnya dari segi peningkatan kualitas SDM itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Ponorogo guna mengetahui tingkat efektivitas dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu pemaparan, pemilahan dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pengurus BLK Ponorogo, siswa dan staf BLK Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Ponorogo sudah cukup efektif. BLK Ponorogo telah menjalankan dua pendekatan efektivitas dengan baik yaitu pendekatan sumber dan pendekatan sasaran. Namun dari pendekatan proses masih terdapat beberapa masalah seperti ketersediaan SDM yang terbatas hingga sarana dan prasarana yang menyebabkan tidak optimalnya proses pelatihan. Hasil dari kegiatan pelaksanaan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Ponorogo sudah berdampak pada peningkatan kualitas SDM itu sendiri. Bisa diketahui dari hasil uji kompetensi dan sertifikasi serta acuan kualitas SDM yaitu Pengetahuan (knowledge), Keterampilan (skill) dan Abilities yang dimiliki oleh ex siswa BLK Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 04:24
Last Modified: 10 May 2021 04:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item