Analisis Strategi Personal Selling Pada Produk Tabungan Impian iB di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 di Masa Covid-19

Putri, Sintia Anggriani (2021) Analisis Strategi Personal Selling Pada Produk Tabungan Impian iB di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 di Masa Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Sintia Anggriani Putri_210817145.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Putri, Anggriani Sintia. 2021 Analisis Strategi Personal Selling Pada Produk Tabungan Impian iB di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag., MSI.

Kata Kunci : Prospecting, Preapproach, Approach, Presentation, Handing Objection, Closing.

Perkembangan jumlah nasabah Tabungan Impian iB di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 pada tahun 2017-2019 relatif rendah. Dalam tiga tahun terakhir tidak mengalami kenaikan, pada tahun 2017-2018 mengalami penurunan sebesar Sembilan nasabah kemudian tahun 2018-2019 hanya mengalami kenaikan satu nasabah. Tabungan Impian iB di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit sudah melakukan pemasaran yang maksimal tetapi jumlah nasabah yang masih rendah dari tahun ke tahun. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran personal selling memiliki peran yang kurang dalam mempengaruhi minat nasabah menggunakan Tabungan Impian iB. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan personal selling pada Tabungan Impian iB?, Bagaimana dampak pelaksanaan personal selling pada Tabungan Impian iB? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran personal selling pada Tabungan Impian iB.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah induktif.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, langkah-langkah pelaksanaan personal selling pada Tabungan Impian iB sudah dijalankan dengan baik dan sesuai dengan ketetapan dari pihak bank. Yaitu pertama mencari nasabah, setelah itu melakukan pendekatan kemudian menceritakan produk yang dimiliki bank dan menangani keberatan yang dirasakan oleh nasabah dan yang terakhir yaitu penutup penjualan. Kedua, dampak dari pelaksanaan personal selling pada Tabungan Impian iB tidak sepenuhnya menjadikan Tabungan Impian iB diminati oleh nasabah. karena ada faktor yang membuat tabungan kurang diminati yaitu kurang luasnya wilayah dalam pemasaran Tabungan Impian iB, selain itu salah sasaran dalam memilih target akan menyebabkan kurangnya informasi masyarakat tentang Tabungan Impian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 04:25
Last Modified: 10 May 2021 04:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item