Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil di Bank Muamalat Indonesia Tahun 2013-2020

Karimah, Nishrin Binti (2021) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil di Bank Muamalat Indonesia Tahun 2013-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817105_NISHRIN BINTI KARIMAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karimah, Nishrin Binti. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) Dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Di Bank Muamalat Indonesia Tahun 2013-2020. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, M.SI.
Kata Kunci : Pembiayaan Bagi hasil, DPK, CAR, ECM
Pembiayaan dimaknai sebagai pendanaan yang diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain untuk mendukung investasi yang telah direncakan, baik dilakukan sendiri maupun lembaga. Dengan meningkatnya jumlah dana pihak ketiga (DPK) dan capital adequacy ratio (CAR) maka akan dapat meningkatkan jumlah pembiayaan yang akan dikeluarkan oleh bank. Akan tetapi pada faktanya pada periode tahun 2013-2020 pada Bank Muamalat Indonesia terjadi peningkatan jumlah dana pihak ketiga (DPK) dan capital adequacy ratio (CAR) namun hal ini berbanding terbalik dengan jumlah pembiayaan bagi hasil yang menurun. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) sedangkan varibel dependen yaitu Pembiayaan Bagi Hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil di Bank Muamalat Indonesia Tahun 2013-2020.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Peneliti menggunakan laporan triwulanan Bank Muamalat Indonesia yang dipublikasikan oleh Bank Muamalat Indonesia dan OJK. Teknis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sendangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) dengan tingkat singnifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Dana Pihak Ketiga (DPK) dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh terhadap pembiayaan bagi hasil dibuktikan dengan nilai t-Statistic lebih besar dari nilai t-kritis (2,122554 > 2,04841). Sehingga Semakin besar dana yang dihimpun oleh bank, maka semakin besar pula jumlah dana yang dimanfaatkan bank untuk melakukan pembiayaan. Sedangkan, Capital Adequacy Ratio (CAR) dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh terhadap pembiayaan bagi hasil dibuktikan dengan nilai t-Statistic lebih kecil dari t-kritis (0,587450 < 2,04841). Karena, terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhinya, tidak selalu dipengaruhi oleh volume pembiayaan bagi hasil karena profit. Sedangkan secara simultan dalam jangka pendek Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil sebesar 8,8326%. Sedangkan dalam jangka panjang berpengaruh signifikan sebesar 24,8417%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 04:07
Last Modified: 10 May 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13393

Actions (login required)

View Item View Item