ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BISNIS PADA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DI DESA NGASINAN KECAMATAN JETIS

Roziqiin, Imam (2020) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI BISNIS PADA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DI DESA NGASINAN KECAMATAN JETIS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imam, Roziqiin. Analisis Penerapan Strategi Bisnis Pada Peningkatan Pendapatan Petani Di Desa Ngasinan. Skripsi. 2020. Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, Lc, M.A.
Kata Kunci: Produksi, Pemasaran, Jual Beli
Usaha tani harus memiliki strategi bisnis supaya dalam dapat meningkatkan pendapatan. Praktek jual beli hasil pertanian penimbangan dipotong sebesar 0,5 kg persatu penimbangan, jadi jika terjadi 10 kali penimbangan akan dikenakan pemotongan sebesar 5 kg dan berlaku untuk padi basah maupun kering. Praktik pemotongan ini sudah dilakukan secara turun temurun dan sudah diketahui secara umum oleh kedua pihak. Selain itu kurangnya penguasaan teknologi komunikasi menyebabkan dari beberapa petani kurang mengetahui harga yang ada di luar desa Fokus masalah dari penelitian ini yaitu menganalisa dan mengatasi hambatan dalam usaha tani dan menganalisis strategi bisnis pada pertanian untuk meningkatkan pendapatan petani di Desa Ngasinan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari cara untuk mengatasi hambatan dan menjelaskan strategi bisnis untuk meningkatkan pendapatan petani di Desa Ngasinan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menganalisis praktik pengurangan timbangan pada transaksi jual beli hasil pertanian di Desa Ngasinan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kemudian sebab diangkatnya penelitian ini dikarenakan kurangnya pengetahuan harga jual di pasaran, promosi yang masih lemah, serta kurang luasnya jaringan.
Hasil dari penelitian analisis melalui wawancara dan observasi dengan petani di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis bahwa strategi saluran distribusi dalam meningkatkan pendapatan petani di Desa Ngasinan masih kurang jangkauan dalam melakukan pemasaran dan pendistribusian hasil pertanian maka solusinya harus melakukan perluasan wawasan teknologi dimana petani juga belajar untuk melek teknologi seperti media sosial, perluasan jaringan market besar, lokasi pemasaran, dan peningkatan promosi. Kemudian analisis strategi produksi dalam meningkatkan pendapatan petani bahwa permasalahannya masih kurang modal dan harga masih dipermainkan menjadi kendala petani. Maka, solusinya dengan menerapkan strategi, pemutaran modal yang efektif seperti melakukan pinjaman ke KUR, memperbarui hasil produksi yang berkualitas, dan mengembangkan produk olahan ke 2 termasuk produksi limbah dari hasil pertanian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 04:05
Last Modified: 10 May 2021 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13392

Actions (login required)

View Item View Item