Analisis Prosedur Pembiayaan Murabahah Mikro Ib 25 Kepada Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Pada Masa Pandemi Covid-19

Famella, Venny Nur (2021) Analisis Prosedur Pembiayaan Murabahah Mikro Ib 25 Kepada Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VENNY UPLOAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Famella, Venny Nur. “Analisis Prosedur pembiayaan murabahah mikro iB 25 Kepada usaha mikro kecil menengah pada bank syariah KCP Mojokerto saat masa pandemic covid-19” Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Nurma Fitriana M.SM.
Kata Kunci: Prosedur, Pembiayaan Murabahah, Usaha Mikro
Prosedur adalah untuk membantu seseorang dalam memahami bagaimana cara melakukan sesuatu dengan tepat, sehingga tujuan dapat tercapai secara efisien dan efektif. Agar seorang nasabah mudah memahami dan mengikuti aturan dalam prosedur pembiayaan. Prosedur yang digunakan oleh Bank Syraih Indonesia KCP ponorogo pada masa pandemic covid-19 yakni dengan mengecualikan UMKM yang bukan kebutuhan pokok seperti para pengrajin dan toko fashion tanpa melakukan analisis rasio terlebih pada UMKM yang telah dikecualikan padahal tidak semua UMKM yang dikecualikan pada masa pandemic covid-19 ini pendapatannya menurun, banyak dari mereka yang pendapatanya tetap stabil namun dalam pengajuan pembiayaan ditolak karena tidak sesuai prosedur yang baru. faktor yang melatarbelakangi pengecualian pada UMKM yang bukan kebutuhan pokok yakni demi meminimalisir adanya pembiayan macet dan bermasalah yang akan beresiko merugikan keuangan bank, karena pada masa pandemic covid-19 ini semua pangsa pasar menurun karena terkena dampak dari pandemi kecuali UMKM yang berkebutuhan pokok yang bagaimanapun itu tetap akan dibutuhkan. Hal ini berdampak pada data pembiayaan bank yang menurun karena banyak para mitra usaha yang ingin mengajukan pembiayaan namun ditolak karena adanya prosedur baru yang telah ditetapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto.
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis prosedur pembiayaan murabahah mikro iB 25 kepada usaha mikro kecil menengah pada BSI KCP Mojokerto saat pandemi covid-19. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pembiayaan murabahah mikro iB 25 pada UMKM menggunakan prosedur baru sangat memberatkan bagi nasabah yang dikecualikan dan tidak bisa memaksimalkan pembiayaan murabahah pada UMKM, namun pihak bank juga merasakan penurunan terhadap data pembiyaan. dengan mengecualikan UMKM seperti para pengrajin tanpa harus menganalisis rasio laporan keuangan UMKM tersebut terlebih dahulu dengan tujuan meminimalisir kemacetan atau kerugian. Oleh karena itu, solusi dari penelitian ini adalah seharusnya pihak bank tetap melakukan analisis ulang untuk melakukan pembiayaan dan tetap bisa memaksimalkan peran pembiayaan murabahah untuk pengembangan UMKM yang di kecualikan pada masa pandemi covid-19 ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:40
Last Modified: 10 May 2021 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item