ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI BMT INSAN MANDIRI JERUKSING PONOROGO

Palupi, Sundari Setyo (2021) ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI BMT INSAN MANDIRI JERUKSING PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717072_Sundari Setyopalupi_ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lembaga keuangan syariah BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo yang merupakan lembaga keuangan syariah milik alumni HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) yang disebut KAHMI yang berada di wilayah ponorogo. BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo menerapkan manajemen sumber daya manusia sebagai sistem pengelolaan terhadap kinerja karyawan. Dalam hal ini BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo melakukan mekanisme rekrutmen, pengembangan skill dan kinerja karyawan. Yang ternyata penerapan MSDM di BMT Insan Mandiri kurang maksimal sehingga kinerja karyawannya kurang produktif. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana analisis MSDM terhadap mekanisme rekrutmen yang dilakukan di BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo, analisis MSDM terhadap pengembangan skill karyawan di BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo dan analisis MSDM terhadapa kinerja karyawan di BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari lokasi sumber data termasuk penelitian kasus dan penelitian lapangan (field research). Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme rekrutmen yang dilakukan oleh BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo belum seluruhnya sesuai dengan model rekrutmen manajemen sumber daya manusia. Pengembangan skill karyawan sudah menerapkan program pelatihan dan pendidikan kepada karyawan, namun kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir ini hanya di ikuti manajer BMT saja, sehingga karyawan yang baru belum pernah mengikuti pengembangan skill. Kinerja karyawan di BMT Insan Mandiri Jeruksing Ponorogo juga belum sepenuhnya sesuai, karena dalam kealihann, kompetensi belum semua menguasainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UNUN ROUDLOTUL JANNAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:37
Last Modified: 10 May 2021 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item