(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS)...Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Menciptakan Budaya Religius (Studi Kasus Di Mts Tahfizh Alam Qur’an Desa Winong, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo)

FAUZI, AKHMAD (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS)...Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Menciptakan Budaya Religius (Studi Kasus Di Mts Tahfizh Alam Qur’an Desa Winong, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TEISIS AKHMAD FAUZI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fauzi, Akhmad. 2021. Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Religius (Studi Kasus di MTs Tahfizh Alam Qur’an Winong - Jetis -Ponorogo). Tesis, Progam Magister Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.

Manajemen strategi merupakan konsep mendasar agar sebuah organisasi mampu mencapai kesuksesan, termasuk lembaga pendidikan madrasah. Pengaruh globalisasi yang begitu pesat mengancam tatanan nilai, dan menyebabkan kemerosotan nilai moral dan norma di kalangan pelajar atau rejama. Konsep manajeman strategi yang diperankan kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius diharapkan mampu membendung derasnya arus negatif globalisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1). Strategi perencanaan kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius. 2). Strategi pelaksanaan kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius. 3). Strategi evaluasi kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius di MTs Tahfizh Alam Qur’an Winong - Jetis - Ponorogo.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Tahfizh Alam Qur’an Ponorogo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan kunci adalah kepala madrasah, bag. Kurikulum, bag. Kesiswaan, bag. Ibadah, bag. Bahasa dan siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Pengecekan keabsahan data dimulai dengan member chek dan dilanjutkan dengan teknik triangulasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Strategi perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam menciptakan budaya religius meliputi: Assesmen lingkungan internal-eksternal, perumusan visi-misi, penyusunan rencana kerja tahunan madrasah (RKTM), dan penyusunan rencana kerja jangka menengah (RKJM). 2). Strategi pelaksanaan yang dilakukan kepala madrasah dengan meliputi: Pengorganiasaian, dalam pelaksanaan pengorganisasian yang dilakukan kepala MTs Tahfizh Alam Qur’an dengan cara pembentukan struktur MTs Tahfizh Alam Quran dan pembagian Job description, supervise, emberian bimbingan teknis pelaksanaan tugas, dan reward dan punishment. 3). Strategi evaluasi yang dilakukan kepala madrasah meliputi: Musyawarah yang dilakukan yang dilakukan secara rutin yang meliputi, musyawarah bulanan, semesteran dan penyusunan evaluasi diri madrasah EDM.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: SITI MARYAM YUSUF
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:34
Last Modified: 10 May 2021 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item