PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASURANSI JIWA (Studi Kasus Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Madiun)

Pebrianti, Wiwin (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASURANSI JIWA (Studi Kasus Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WIWIN PEBRIANTI-210717193.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pebrianti, Wiwin. 2021. Pengaruh Kepercayaan, Pengetahuan dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Jiwa (Studi Kasus Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Madiun). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Kepercayaan, Pengetahuan, Citra Perusahaan dan Keputusan Pembelian Produk Asuransi Jiwa.
AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk meringankan beban seseorang oleh suatu keadaan yang belum pasti terjadi di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil survei TOP Brand Award tahun 2017-2020 keputusan pembelian produk asuransi AJB Bumiputera 1912 cenderung menurun. Dari hasil wawancara yang dilakukan diketahui bahwa adanya perbedaan antara teori dan praktik di lapangan terkait kepercayaan, pengetahuan dan citra perusahaan. Beberapa nasabah menyatakan bahwa mereka percaya AJB Bumiputera 1912 dapat menanggung sebuah resiko yang terjadi dikemudian hari tetapi tidak melakukan keputusan pembelian produk, pengetahuan tentang produk dengan cepat dapat mereka peroleh melalui teman, keluarga bahkan agen pejualan secara langsung tetapi tidak memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa, serta terkenalnya perusahaan AJB Bumiputera 1912 tidak membuat nasabah melakukan keputusan pembelian produk asuransi jiwa. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengetahuan dan citra perusahaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa di AJB Bumiputera 1912 cabang Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 1.701 dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode insidental sampling serta metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 16.0. Penelitian ini menggunakan uji validitas, realibilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa di AJB Bumiputera 1912 cabang Madiun, pengetahuan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa di AJB Bumiputera 1912 cabang Madiun, serta citra perusahaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa di AJB Bumiputera 1912 cabang Madiun. Kepercayaan, pengetahuan dan citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk asuransi jiwa di AJB Bumiputera 1912 cabang Madiun secara simultan sebesar 66,4% sedangkan 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk meningkatkan keputusan pembelian, pihak perusahaan dapat memulai dari menyampaikan semua tentang perkembangan AJB Bumiputera 1912, meningkatkan pengetahuan nasabah melalui media elektronik seperti televisi dan iklan di internet serta meningkatkan pelayanan, mengutamakan kebutuhan pelanggan, menerapkan etika bisnis kepada nasabah sehingga dapat membentuk persepsi nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:26
Last Modified: 10 May 2021 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13376

Actions (login required)

View Item View Item