Analisis Pengaruh Promosi dan lokasi Terhadap Minat Masyarakat Pada KSP Syariah BMT bee Mass Cabang Ngrambe di Kab Ngawi.

Arista, Riri (2021) Analisis Pengaruh Promosi dan lokasi Terhadap Minat Masyarakat Pada KSP Syariah BMT bee Mass Cabang Ngrambe di Kab Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, AIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717119_Riri Arista_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arista, Riri. Analisis Pengaruh Promosi dan lokasi Terhadap Minat Masyarakat Pada KSP Syariah BMT Bee Mass Cabang Ngrambe di Kab Ngawi. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M.Pd.
Kata Kunci : Lokasi, Promosi, Minat Masyarakat.
Masyarakat memiliki peran penting sebagai pembuat keputusan untuk melakukan transaksi di sebuah lembaga keuangan. Dalam menarik minat masyarakat untuk melakukan transaksi di BMT dilakukan dengan berbagai upaya seperti halnya dengan memasarkan produk melalui promosi dan pemilihan lokasi yang strategis dan baik. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menambah jumlah minat masyarakat untuk melakukan transaksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Pada KSP Syariah BMT Bee Mass Cabang Ngrambe di Kab Ngawi, 2. Untuk mengetahui Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Pada KSP Syariah BMT Bee Mass Cabang Ngrambe di Kab Ngawi, 3. Untuk mengetahui pengaruh Simultan Promosi dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Pada KSP Syariah BMT Bee Mass Cabang Ngrambe di Kab Ngawi
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif, pada pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas sampling yang berjumlah 385 responden. Sedangkan pengumpulan data dengan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji R square, uji F, dan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat pada KSP Syariah BMT bee MASS dengan nilai thitung 12,007 > ttabel 1,966 dengan signifikasi 0,000 < 0,05, ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat , masyarakat apabila promosi ditingkatkan maka minat masyarakat juga akan meningkat 2) lokasi berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat pada KSP Syariah BMT bee MASS dengan nilai thitung 9,528 > ttabe1 1,966 dengan signifikasi 0,000 < 0,05, ini menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat, apabila lokasi ditingkatkan maka minat nasabah juga akan meningkat. 3) promosi dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat pada KSP Syariah BMT bee MASS dengan Fhitung > Ftabel (716,878>0,331) dengan signifikasi 0,000 < 0,05, dengan nilai R Square 0,790. Artinya masing-masing variabel bebas (promosi dan lokasi) berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap minat masyarakat, faktor promosi dan lokasi ini berpengaruh sebesar 79% sedangkan sisanya 21,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:22
Last Modified: 10 May 2021 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item