Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Melalui Pembiayaan Bagi Hasil Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019

Dewi, Era Rafista (2021) Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Melalui Pembiayaan Bagi Hasil Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ERA RAFISTA DEWI_210817115.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewi, Era Rafista. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing terhadap Return On Asset melalui Pembiayaan Bagi Hasil sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.
Kata Kunci: Profitabilitas, Pembiayaan, Simpanan, Rasio Keuangan.
Kinerja dalam suatu perusahaan dilihat dari laporan keuangannya. Salah satunya dengan melihat tingkat rasio profitabilitas (ROA). Semakin tinggi profitabilitas suatu perusahaan, maka semakin optimal pula kegiatan yang dilakukan oleh bank tersebut. ROA banyak dipengaruhi oleh faktor internal yaitu DPK yang terkumpul, tingkat Non Performing Financing yang dialami oleh Bank Syariah dan Pembiayaan Bagi Hasil yang disalurkan oleh Bank Syariah di Indonesia periode 2015-2019.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dana pihak ketiga dan non performing financing terhadap return on asset melalui pembiayaan bagi hasil sebagai variabel intervening pada bank umum syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan library research. Sumber data berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan beberapa bank. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi), analisis jalur, dan uji sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan DPK berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, pembiayaan bagi hasil berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, DPK berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil, NPF berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil, DPK dan NPF secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan bagi hasil, DPK, NPF dan pembiayaan bagi hasil secara simultan berpengaruh terhadap ROA, pembiayaan bagi hasil tidak dapat memediasi antara DPK dengan ROA serta pembiayaan bagi hasil tidak dapat memediasi antara NPF dengan ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:21
Last Modified: 10 May 2021 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item